Sunday, July 14, 2024
BerandaPendidikan25 Personel PNS Kemhan dan TNI AD Ikuti Diklat Fungsional Pranata Komputer...

25 Personel PNS Kemhan dan TNI AD Ikuti Diklat Fungsional Pranata Komputer Tingkat Ahli

progresifjaya.id, JAKARTA – Kapusdiklat Tekfunghan Dra. Endang Purwaningsih, M.Si. mewakili Kabadiklat Kemhan Kabadiklat Mayjen TNI Tandyo Budi R., S.Sos membuka Penyelenggaraan Diklat Fungsional Pranata Komputer Tingkat Ahli  TA. 2023 secara online atau dari jaringan (daring) di Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan Salemba, Jakarta.

Dalam sambutannya, Kabadiklat menyampaikan bahwa pada saat ini organisasi sektor pemerintahan dan pelayanan publik merasakan kebutuhan terhadap teknologi informasi semakin meningkat.

“Hal ini terjadi karena pada saat situasi pandemi menuntut teknologi informasi dan komunikasi secara otomatis untuk dikembangkan di seluruh Kementerian/Lembaga, menjadikan teknologi informasi suatu kebutuhan mutlak, termasuk di lingkungan Kemhan dan TNI,” ujar Kapusdiklat Tekfunghan dalam siaran pers WI Madya Tekfunghan, Kol Adm Agus Setyo Hartono yang diterima redaksi, Selasa (10/10).

Menurut Dra. Endang Purwaningsih, pada masa mendatang sebagai langkah antisipasi perlu kesiapan untuk menata, merencanakan dan mengembangkan kapasitas sarana prasarana teknologi informasi dengan terus berupaya terus menciptakan inovasi-inovasi serta berupaya membangun insfraktruktur, sarana prasarana, hardware maupun software di bidang teknologi informasi yang mempercepat dalam akses pelayanan publik.

Untuk membangun teknologi informasi di lingkungan Kemhan dan TNI secara berkelanjutan, urgensi pembangunan kualitas SDM melalui peningkatan kompetensi melalui Dikdat Fungsional Pranata Komputer pada Tingkat Ahli dengan sasaran membangun kompetensi dasar bagi seorang pemangku Jabatan Fungsional Pranata Komputer Tingkat Ahli.

Kompetensi peserta pelatihan dibentuk dengan pelaksanaan berbagai praktek dan implementasi berupa inovasi akan diterapkan pada Satuan Ke‹ja masing-masing.

Pelaksaanaan Diklat Fungsional Pranata Komputer tingkat Ahli ini bekerjasama dengan Pusdiklat Badan Pusat Statistik dan diikuti oleh 25 personel PNS Kemhan dan TNI AD yang hadir serta secara online/maya.

Waktu pelaksanaan selama 7 minggu, dengan rentang waktu mulai tanggal 2 Oktober hingga 24 November 2023. Metode pembelajaran diselenggarakan secara blended learning selama 40 hari kerja.

Terdiri dari MOOC: 2 sampai dengan 6 Oktober, E-Learning:  9 Oktober sampai dengan 6 November 2023, Aktualisasi: 23 Oktober sampai dengan 10 November 2023 dan Klasikal: 13 sampai dengan 24 November 2023.

Pemberi materi berasal dari Widyaiswara Pusdiklat Badan Pusat Statistik, Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan dan Pejabat/Fasilitator Ropeg Setjen Kemhan.
Kegiatan Operasional Diklat dikendalikan oleh Kepala Bidang Operasi Pendidikan dan Pelatihan (Kabid Opsdiklat) Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan, sedangkan bimbingan dan pengasuhan oleh Kepala Kursus beserta Pembina yang ditunjuk oleh Kapusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan.

Turut hadir pada acara pembukaan antara lain pejabat perwakilan Kapusdiklat Badan Pusat Statistik, Pejabat perwakilan dari Karopeg Setjen Kemhan, Kapusdiklat Badiklat Kemhan, Waaspers Kasad dan Kabag Setbadiklat Kemhan. (Ndy)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru