progresifjaya.id, JAKARTA – PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta telah menetapkan masa angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru) berlangsung selama 18 hari, mulai 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025.
Manager Humas Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko menyampaikan, bahwa banyak persiapan persiapan yang telah dilakukan untuk menyambut Nataru 2024/2025 ini. Diantaranya peningkatan pelayanan di beberapa stasiun yang semakin nyaman.
Selesainya Pembangunan escalator di Stasiun Pasar Senen turut melengkapi kemudahan akses bagi para pelanggan kereta api saat akan naik dan turun di peron 3 maupun 4 Stasiun Pasar Senen. Fasilitas Face Recognation juga turut melengkapi kemudahan akses saat pelanggan KA akan melakukan boarding dengan mudah (tidak perlu menunjukkan Kartu Identitas bahkan tidak perlu menunjukkan tiket). Penumpang yang sudah terverifikasi oleh data base system Face Recognation (FR), pintu otomatis akan terbuka dengan sendirinya dengan deteksi wajah.
“Peningkatan fasilitas pelayanan ini akan terus KAI lakukan, pembangunan escalator di Stasiun Pasar Senen, Face Recognition di Stasiun Pasar Senen dan Bekasi kami persembahkan untuk seluruh pelanggan KA agar lebih mudah dalam beraktivitas, naik – turun penumpang,” kata Ixfan dari Jakarta, Jumat, 6 Desember 2024.
“Fasilitas ruang tunggu ber AC di zona 3 (Area sebelum boarding) juga kami persembahkan untuk para pengunjung di Stasiun Pasar Senen,” imbuhnya.
Masa angkutan Nataru 2024/2025 kurang 14 hari lagi yaitu dimulai tanggal 19 Desember 2024. Jumlah pelanggan setia KA yang sudah melakukan pemesanan tiket sampai dengan hari ini Jumat (06/12) sebanyak 230.000 tiket, yaitu 31% dari kapasitas tempat duduk yang telah disediakan, yaitu sebanyak 743.627 seat untuk keberangkatan Stasiun Gambir dan Pasar Senen.
Rincian Data Penjualan Tiket:
Total perjalanan kereta api: 1.363 KA (76 KA per hari, termasuk KA tambahan).
Kapasitas tempat duduk kereta jarak jauh: 743.627 kursi (41.313 kursi per hari).
Tiket terjual: 230.000 kursi (12.778 tempat duduk per hari).
Tingkat okupansi rata-rata: 31 % dari total kapasitas.
Masih tersedia 69 % kapasitas tempat duduk yang dapat dipesan melalui kanal resmi KAI.
Ixfan menambahkan dalam keterangannya, bahwa mulai Rabu, 04 Desember 2024 KAI Daop 1 Jakarta menambah operasional KA sebanyak 17 KA Tambahan atau sebanyak 306 perjalanan KAJJ selama masa Angkutan Nataru 2024/2025. KA tambahan keberangkatan Stasiun Gambir sebanyak 12 Perjalanan KA Jarak Jauh dan dari Stasiun Pasar Senen sebanyak 6 perjalanan KA Jarak Jauh.
“Mulai Rabu, 4 Desember 2024 KAI Daop 1 Jakarta menambahkan 17 perjalanan KAJJ, hal ini untuk meningkatkan pelayanan dan mengakomodir kebutuhan Masyarakat yang hendak bepergian menggunakan transportasi kereta api,” kata Ixfan menjelaskan dari Jakarta.
Adapun KA-KA tambahan tersebut yaitu :
1. KA 30 F Argo Cheribon relasi Stasiun Gambir – Cirebon;
2. KA 7046 Argo Parahyangan Tambahan relasi Stasiun Gambir – Bandung;
3. KA 82 F Manahan relasi Stasiun Gambir – Solo;
4. KA 80 F Manahan relasi Stasiun Gambir – Solo;
5. KA 7002 C Tambahan relasi Stasiun Gambir – Yogyakarta;
6. KA 7004 C Tambahan relasi Stasiun Gambir – Yogyakarta;
7. KA 7006 Gajayana Tambahan relasi Stasiun Gambir – Malang;
8. KA 7008 A Sembrani Tambahan relasi Stasiun Gambir – Surabaya Pasar Turi;
9. KA 7010 A Sembrani Tambahan (V-Slagh) relasi Stasiun Gambir – Surabaya Pasar Turi;
10. KA 7016 B Tambahan relasi Stasiun Gambir – Solo;
11. KA 7026 A Argo Merbabu Tambahan relasi Stasiun Gambir – Semarang Tawang;
12. KA 7042 Purwojaya Tambahan relasi Stasiun Pasar Senen – Kroya – Cilacap;
13. KA 7032 Brantas Tambahan relasi Stasiun Pasar Senen – Blitar;
14. KA 7034 Kertajaya Tambahan relasi Stasiun Pasar Senen – Surabaya Pasar Turi;
15. KA 7038 A Kutojaya Utara Tambahan relasi Stasiun Pasar Senen – Kutoarjo;
16. KA 10580 Tambahan relasi Stasiun Pasar Senen – Solo;
17. KA 10586 Motis Tambahan relasi Stasiun Kampun Bandan – Pasar Senen – Lempuyangan.
Himbauan Pemesanan Tiket
Ixfan mengimbau para pelanggan setia KAI untuk segera membeli tiket perjalanan Nataru melalui aplikasi Access by KAI atau kanal resmi lainnya yang bekerja sama dengan KAI.
“Informasi tambahan terkait perjalanan KA akan segera kami umumkan setelah penetapan Rencana Operasi (Renop) Angkutan Nataru 2024/2025,” pungkas Ixfan.
Informasi Lebih Lanjut
Pelanggan dapat memperoleh jadwal perjalanan dan pelayanan tiket melalui:
Call Center 121
Website resmi KAI
Aplikasi Access by KAI
Kanal resmi lainnya yang bekerja sama dengan PT KAI (Persero)
Sumber: Manager Humas Daop 1 Jakarta
Editor: Hendy