Monday, June 24, 2024
BerandaBerita Utama530 Ribu Pengunjung Merayakan Jakarta Karnaval di Malam Tahun Baru 2024

530 Ribu Pengunjung Merayakan Jakarta Karnaval di Malam Tahun Baru 2024

progresifjaya.id, JAKARTA – Sebanyak 500 ribu lebih pengunjung mulai dari wisatawan domestik maupun mancanegara merayakan malam Tahun Baru 2024 di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat hingga pukul 24.00 WIB.

“Data sejak pukul 20.00-24.00 WIB tercatat sebanyak 529.109 orang mengunjungi kawasan Monas saat pergantian tahun,” kata Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monas Muhammad Isa Sarnuri saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.

Dari 500 ribu lebih pengunjung itu terdiri atas 8 wisatawan mancanegara (wisman) dan 529.101 wisatawan domestik. Jumlah pengunjung dari dalam negeri itu terdiri atas 446.418 pengunjung dewasa dan 82.683 anak-anak.

“Kalau wismannya sebanyak 8 itu dari China ada 4 orang, Inggris itu 2 orang, dan Belanda juga 2 orang,” ujar Isa.

Ratusan ribu pengunjung itu turut menyaksikan kembang api sebagai simbol pergantian tahun dari 2023 menjadi 2024. Pengunjung terlihat antusias mengambil foto dan video saat kembang api menghiasi langit di Monas.

Adapun Jakarta Karnaval (Jakarnaval) tahun ini adalah “Indonesian Legend Intellectual Property” (IP) based character atau karakter berbasis kekayaan intelektual dari karya-karya anak bangsa.

Jakarnaval ini menampilkan beragam mobil hias dengan lampu-lampu yang menarik dan dekorasi karya anak bangsa seperti Sri Asih, Si Juki, Si Unyil, Si Buta dari Gua Hantu dan Satria Dewa Gatotkaca.

Selain itu, tampak video mapping yang mulai tayang sekitar pukul 20.17 WIB. Video mapping itu menayangkan sederet gambar bertemakan adat Indonesia dengan nuansa merah yang terpancar dari video mapping dan disorot ke arah tugu Monas.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono membuka Jakarta Karnaval (Jakarnaval) Malam Muda Mudi Jakarta Global sekaligus menyapa pengunjung di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat dalam perayaan malam Tahun Baru 2024.

“Halo semua, selamat bergabung di Jakarta. Warga sekalian hari ini kita berkumpul ada di Monas, sepanjang Sudirman dan terkahir di Bundaran HI. Sekali lagi selamat menikmati, selamat Tahun Baru 2024,” kata Heru saat memberikan sambutan di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Minggu.

Heru tiba di Monas sekitar pukul 22.10 WIB menggunakan baju hitam dan jaket berwarna krem. Heru tiba bersama Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi dan petinggi TNI dan Polri.
Dalam sambutannya, Heru berharap Kota Jakarta dapat menjadi kota yang semakin baik dan dicintai oleh masyarakat luas. (Fari. K/Ant)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru