Saturday, June 15, 2024
BerandaBerita UtamaAksi Cepat IZI Lampung Rujuk Pasien Pra Sejahtera ke RS Harapan Kita...

Aksi Cepat IZI Lampung Rujuk Pasien Pra Sejahtera ke RS Harapan Kita Jakarta

progresifjaya.id, LAMPUNG  – Tidak butuh waktu lama aksi cepat Tim IZI (Inisiatif Zakat Indonesia) Provinsi Lampung kembali melakukan aksi sosial cuma-Cuma alias gratis dengan meringankan beban kesulitan ekonomi pasien yang akan rawat jalan di rumah Sakit Harapan Kita Jakarta, Jum’at (09/09/2022).

Aksi cepat yang dilakukan oleh Tim IZI Lampung tersebut terlihat pada penanganan kepada salah satu pasien, Dedi (40) warga Desa Tri Sinar, Kecamatan Marga Tiga, Kabupaten Lampung Timur, calon pasien rawat jalan di RS. Harapan Kita Jakarta.

Dirinya telah divonis oleh dokter RS.Immanuel Lampung yaitu adanya penyakit kelainan pada katub jantung,

Sehingga berkat bantuan IZI (Inisiatif Zakat Indonesia) Lampung, Dedi dan keluarga bisa merasakan keringanan beban biaya ketika dirujuk oleh Rumah Sakit Immanuel Lampung ke Rumah Sakit Harapan Kita Jakarta.

“Saya sangat berterima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan informasi terkait adanya layanan IZI Lampung yang sungguh sangat meringankan beban biaya saya sejak berada di Rumah Singgah Pasien IZI Lampung sampai pada pelayanan kebutuhan berobat saya di IZI Jakarta,’ ujar Dedi.

Dari pelayanan komunikasi pada Call Centre sampai di RSP (Rumah Singgah Pasien) IZI Lampung tersebut, pasien dan keluarga sangat dilayani dengan baik dan santun. Hal itu dinggap sesuai dengan Motto-nya IZI.

“Yang jelas kami tidak dipersulit oleh layanan nomor Call Centre dan pelayanan rumah singgahnya disambut dengan baik dan sopan ketuanya mas Fahri,” katanya kepada progresifjaya.id saat beristirahat dalam kamar Rumah Singgah Pasien.

Melalui Kepala Unit Rumah Singgah Pasien IZI Provinsi Lampung, Fahri Galang Renaldi mengatakan, hadirnya pelayanan IZI Provinsi Lampung, merupakan wujud nyata dari inisiatif para dermawan untuk membantu masyarakat Provinsi Lampung umumnya dan para pasien dari keluarga pra sejahtera yang membutuhkan pertolongan medis ataupun penginapan yang tidak berbayar alias gratis.

Selain membantu dalam Program Kesehatan IZI selalu berpartisipasi dalam Program Pendidikan, Dakwah dan Ekonomi Masyarakat Miskin.

Sejak mulai beroperasi pada tahun 2018 sampai dengan tahun 2022, RSP (Rumah Singgah Pasien) Provinsi Lampung tercatat telah mebantu pelayanan pasien yang rawat jalan sebanyak 867 orang dan pendamping pasien sebanyak 1.115 orang dengan total keseluruhan yang telah dilayani sebanyak 1.982 orang atau jiwa.

“Alhamdulillah telah terealisasi program-program utama IZI ini, seperti adanya Rumah Singgah Pasien di Bandar Lampung maka beban biaya penginapan bagi yang rawat jalan rumahnya jauh bisa mampir di sini dan semuanya gratis mas.
Dari antar jemput mobil ambulance, fasilitas kamar tidur yang bersih, fasilitas televisi, kulkas, AC, listrik, air, bahkan makanpun semuanya tidak bayar,” papar Fahri.

Lebih lanjut Fahri menjelaskan, bahwa sumber dana operasional yang dikelola IZI merupakan amil zakat, seperti dari YBM (Yayasan Baitul Maal), mengumpulkan dana para muzaki pegawai PLN untuk menyisihkan zakat profesi yang dikeluarkan setiap bulannya, dari Yayasan Rohis Rumah Sakit Dr. H. Abdul Moeloek Bandar Lampung dan donatur untuk para mustahik di Provinsi Lampung.

“Jadi kalau operasional IZI maupun RSP mas, sejauh ini banyak sekali masuk bantuan dari Yayasan Baitul Maal Bandar Lampung, para pegawai PLN, kemudian dari Yayasan Rohis Rumah Sakit Dr. H. Abdul Moeloek Bandar Lampung, dan para donatur,” terang Fahri kepada progresifjaya.id di ruang pelayanan RSP IZI Bandar Lampung.

Layanan yang diberikan oleh IZI (Inisiatif Zakat Indonesia) tersebar pada 16 Kantor Perwakilan se-Indonesia antara lain, Pulau Sumatera terdapat 6 Kantor perwakilan, Pulau Jawa 5 Kantor perwakilan, Kalimantan 2 Kantor perwakilan, Sulawesi 3 Kantor perwakilan.

Dengan Call Centre Kantor Pusat IZI Nompr : Telpn (021) 87787325, Email : salam@izi.or.id  dan alamat : Jalan Raya Condet No.27-G, Batu Ampar, Kramat Jati, Jakarta Timur 13520.

Bagi masyarakat Lampung bisa menghubungi di Call Centre No.HP : 0812 1414 789 atau di No. Call Centre 24 Jam Ambulance 0813 4646 2016.

Untuk diketahui bahwa IZI (Inisiatif Zakat Indonesia) di seluruh Indoneisa merupakan Lembaga Amil Zakat Skala Nasional sebagaimana telah diamanatkan pada Surat Keputusan Kementrian Agama Republik Indoneisa Nomor 950 Tahun 2020, yang dipimpin oleh Direktur Utama IZI Wildhan Dewayana, Nana Sudiana Direktur Pendayagunaan IZI, Ruly Barlian Direktur Edukasi & Kemitraan IZI, Suharyanto Direktur Operasional IZI dan Sri Adi Bramasetia selaku Dewan Pembina IZI.

Pihak IZI Lampung juga membuka lebar kepada para donatur yang ingin berpartisipasi bersama IZI untuk bergotong royong membantu para masyarakat fakir miskin, anak yatim, kaum duafa dan disabilitas khususnya di wilayah Provinsi Lampung, dengan donasi menggunakan 2 metode ATM antara lain ;
1. ZAKAT melaui :
BANK MANDIRI NOREK : 122.002.8000.068

Bank Syariah Indonesia (BSI)  NOREK : 121.555.3331
BNI  NOREK : 500.012.100
Bank BCA  NOREK : 5395.500.900

2. INFAK melaui :
MANDIRI NOREK 122.002.7000.010
BSI NOREK : 121.555.4448
BCA NOREK : 5395.100.600

Penulis: Ansori

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru