Wednesday, May 29, 2024
BerandaHukum & KriminalAmankan Takbiran di Ibu Kota, Ditlantas Polda Metro Terjunkan 1.500 Personel

Amankan Takbiran di Ibu Kota, Ditlantas Polda Metro Terjunkan 1.500 Personel

progresifjaya.id, JAKARTA – Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman mengatakan, pihaknya akan menerjunkan 1.500 personel untuk mengamankan takbiran di wilayah DKI Jakarta. Seluruh personel akan disebar ke seluruh wilayah Ibu Kota.

“Pada sore hari ini, jajaran lalu lintas khususnya nanti bersama dengan fungsi lainnya akan terjun mengamankan takbiran. Kalau lalu lintas mendahului. Kita melaksanakan apel tadi jam 16.00 WIB berjumlah 1.500 personel yang akan kita sebar ke seluruh Jakarta untuk mengantisipasi kegiatan malam takbir pada malam hari ini,” jelas Kombes Latif kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa, (9/4).

Dikatakannya juga, sesuai arahan dan seruan dari Kapolda Metro Jaya, dirinya mengimbau masyarakat agar tak melakukan takbir keliling menggunakan sepeda motor. Dia meminta masyarakat merayakan malam takbir di mushala dan lingkungan rumah masing-masing.

“Kita sudah membuat sosialisasi mengimbau dan MUI juga sudah mensosialisasikan untuk pelaksanaan takbir dilaksanakan di mushala-mushala ataupun mereka melaksanakan takbir ada di lingkungannya masing-masing,” ujar Kombes Pol Latif lagi.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya, Irjen Karyoto  juga sudah menyerukan mengimbau kepada masyarakat agar tak melakukan takbir keliling nanti malam. Kapolda Karyoto meminta masyarakat merayakan malam takbiran di masjid.

“Kami mengimbau agar masyarakat tidak melakukan takbir keliling. Masyarakat bisa merayakan malam takbiran di masjid agar lebih khusyuk. Kami berharap kerja sama masyarakat untuk senantiasa mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran (kamseltibcar) lantas dan pemeliharaan kamtibmas agar kondusif,” papar Kapolda Karyoto hari ini.

Dikatakan, pihaknya juga sudah menginstruksikan seluruh Polsek untuk memberikan pelayanan kepada pemudik. Salah satunya menyiapkan tempat untuk penitipan kendaraan bagi warga yang mudik

“Beberapa upaya terkini terkait pengamanan mudik antara lain kami menerima penitipan kendaraan di polres dan polsek-polsek, melaksanakan patroli rumah kosong dan terus melaksanakan asistensi Satkamling, serta tergelar beberapa pos pengamanan dan pos pelayanan kepolisian,” dia berujar.

Lebih lanjut, Kapolda Karyoto juga mengatakan masyarakat bisa menghubungi call center 110 jika membutuhkan bantuan polisi. Dia juga menegaskan seluruh anggota akan berjaga 24 jam untuk memberikan pelayanan maksimal.

“Masyarakat tidak perlu khawatir. Petugas kami ada di lapangan 24 jam. Masyarakat bisa menghubungi kami di 110 gratis dan bebas pulsa, jika membutuhkan bantuan polisi. Kami terus berupaya meningkatkan kegiatan-kegiatan kepolisian, bersinergi dengan 3 pilar dan seluruh stakeholders,” urai Kapolda Karyoto.

“Kegiatan-kegiatan yang kami lakukan antara lain pemberian edukasi, imbauan, sambang door to door, patroli dialogis, pengamanan giat masyarakat hingga penegakan hukum,” imbuhnya lagi. (Bembo)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru