Tuesday, April 23, 2024
BerandaBerita UtamaAngka Pengangguran Di Jakarta Selatan Relatif Masih Tinggi

Angka Pengangguran Di Jakarta Selatan Relatif Masih Tinggi

progresifjaya.id, JAKARTA – Tingkat penganguran di Jakarta Selatan relatif masih tinggi hal ini merupakan tantangan bagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. “ Angka ini berdasarkan data BPS (Badan Pusat Statistik) tahun 2021 yang merupakan tantangan ke depan”

Hal ini diungkapkan HKepala Bidang Penempatan Dinas Tenaga Kerja, Transportasi dan Energi Provinsi DKI Jakarta, Saigor Polmatua Gultom saat menghadiri Pameran Bursa Kerja gelaran Sudin Nakertrans Jaksel, di Kawasan Blok M Square, Rabu (27/7/2022).

Lebih lanjut dituturkannya, berdasarkan data BPS tahun 2021 pada wilayah Jakarta Selatan tingkat pengangguran terbuka sebesar 7,33 persen. Namun jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, masih terasa relatif tinggi lantaran tingkat pengangguran di Jakarta Selatan pada 2019 mencapai 6,85 persen dan 2020 sebesar 10,79 persen.

Menurutyna, tingkat pengangguran yang relatif tinggi di Jakarta Selatan dipengaruhi oleh pertambahan jumlah pengangguran itu sendiri dan pertumbuhan kesempatan kerja yang tidak seimbang, tutur, Saigor Polmatua.

Saigor juga menambahkan, adanya pandemi Covid-19 yang sempat melanda di Indonesia membuat kegiatan rutin pameran bursa kerja sempat tertunda kurang lebih dua tahun, imbuhnya.

Walikota Kota Administrasi Jakarta Selatan Harapkan Pameran Bursa Kerja Bisa Mengurangi Angka Pengangguran.

Walikota Kota Administrasi Jakarta Selatan, Munjirin saat berbincang dengan para calon pelamar pada Pameran Bursa Kerja di Blok M Square, Rabu (28/7/2022). (Foto: Ist)

Sementara itu, Pemerintah Kota Jakarta Selatan melalui Sudin Nakertrans (Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi) membuka lowongan bagi 5.000 calon pekerja di 40 perusahaan lewat Pameran Bursa Kerja di Pasaraya Blok M pada 27 hingga 28 Juli 2022.

Walikota Kota Administrasi Jakarta Selatan, Munjirin menuturkan, 40 perusahaan ini memiliki 5.000 lowongan kerja, dengan target pelamar kerja 3.000 peserta dalam kurun waktu dua hari selama acara diselenggarakan.

Menurutnya,  terdapat 11 dari 40 perusahaan merupakan binaan mitra perusahaan Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Kota Administrasi (Sudin Nakertransgi) Jakarta Selatan, tutur, Munjirin disela-sela kegiatan Pameran Bursa Kerja gelaran Sudin Nakertrans Jaksel di Kawasan Blok M, Rabu (28/7/2022).

Munjirin menambahkan, sasaran pelamar kerja dalam pameran bursa kerja gelaran Sudin Nakertrans diharapkan bagi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan universitas yang ada di DKI Jakarta khususnya Jakarta Selatan.

“Diharapkan pameran bursa kerja ini bisa mengurangi angka tingkat pengangguran di DKI Jakarta khususnya di Jakarta Selatan yang terbilang masih relatif tinggi menurut Dinas Tenaga Kerja, Transportasi dan Energi Provinsi DKI Jakarta,” imbuhnya.

Penulis/Editor: Asep Sofyan Afandi

 

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru