Tuesday, April 23, 2024
BerandaMegapolitanAnies Resmikan Makam Tokoh Bangsa di TPU Karet Bivak

Anies Resmikan Makam Tokoh Bangsa di TPU Karet Bivak

progresifjaya.id, JAKARTA – Perjuangan serta jasa Tokoh Bangsa begitu besar dan tak akan ternilai harganya sangat penting dan harus mendapat perhatian semua pihak. Sebagai upaya dalam   menghargai serta mengapresiasi jasa para tokoh bangsa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmikan Taman Makam Tokoh Bangsa yang berlokasi di Kawasan TPU (Tempat Pemakanan Umum) Karet Bivak, Jakarta Pusat, Kamis (13/10/2022).

“Jadi ini cara kita untuk menghormati, menghargai dan mengambil pelajaran dari tokoh-tokoh bangsa yang sudah wafat. Tidak dibatasi bidangnya dari tokoh-tokoh bangsa ini. Bukan saja di bidang kenegaraan, tapi di bidang sosial, budaya, olahraga, seni. Jadi aspeknya luas,” tutur Anies.

Makam Hj.Fatmawati istri mendiang Presiden Soekarno, di TPU Karet Bivak.(Ist)

Lebih lanjut Anies menuturkan, kendati terdapat beberapa nama yang diabadikan di Taman Makam Tokoh Bangsa ini tak semuanya lahir di Jakarta, mereka banyak berkarya dan menghabiskan sisa usianya di Jakarta.

Istimewa

Menurut Mantan Rektor termuda dan Menteri Pendidikan Nasional, dirinya ingin membuat sebuah tempat lebih dari sekadar pemakaman, dan sebuah tempat yang ramah dikunjungi oleh insan masyarakat luas.

Sehingga, lahirlah sebuah konsep Taman Makam Tokoh Bangsa yang terlihat futuristik seperti museum atau galeri di mana setiap orang yang datang berkunjung dapat mempelajari kisah hidup para tokoh bangsa.

“Ini ialah tempat di mana kita sebagai bangsa dapat mengambil pelajaran hikmah. Bagaimana membikin tempat ini lebih dari sekadar pemakaman begitu saja, tapi tempat di mana warga, anak-anak sekolah, mahasiswa dapat datang, dapat kemudian mempelajari kisah-kisah hidup mereka, sehingga dapat menjadi hikmah bagi kita, dapat menjadi inspirasi,” tutur, Anies.

Untuk diketahui sejumlah Tokoh Bangsa yang di makamkan di Kawasan TPU Karet Bivak, Tanah Abang, Jakarta Pusat diantaranya, Mohammad Husni Thamrin, H.Mohammad Natsir, Hj Fatmawati (Istri Presiden Bung Karno), dan ada juga salah satu legenda seniman Betawi, H. Bunyamin Sueb.

Penulis/Editor: Asep Sofyan Afandi

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru