progresifjaya.id, JAKARTA – PT KAI Daop 1 Jakarta, Minggu 17 Desember 2023, akan melakukan pengaturan pola operasi pada beberapa Kereta Api jarak jauh keberangkatan dari Stasiun Gambir, untuk kereta ApiĀ yang tadinya tidak berhenti di Stasiun Jatinegara, akan diberhentikan di Stasiun Jatinegara.
Hal itu guna menghindari keterlambatan calon penumpang karena adanya kemacetan arus lalu lintas di sekitaran jalan menuju Stasiun Gambir.
“Pada saat normal kereta api yang berangkat dari Stasiun Gambir tidak berhenti di Stasiun Jatinegara, namun khusus hari minggu (17/12) keberangkatan KA antara pukul 06.30 WIB sampai 10.00 WIB akan berhenti di Stasiun Jatinegara untuk melayani naik penumpang,” kata Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko dalam keterangan di Jakarta, Minggu (17/12).
Adanya informasi kegiatan unjuk rasa di sekitaran Monas dan Kedubes AS pada hari Minggu tanggal 17 Desember 2023, yang berdekatan dengan Stasiun Gambir pada pagi ini tanggal 17 Desember 2023Ā maka beberapa KA dari Stasiun Gambir akan diberhentikan di Stasiun Jatinegara.
Daftar perjalanan kereta api jarak jauh yang berangkat dari Stasiun Gambir (KA GENAP) yang diberhentikan di Stasiun Jatinegara pada hari Minggu tanggal 17 Desember 2023 adalah sebagai berikut:
1.Argo Semeru KA18 Gmr-Sgu berangkat 06.20
2.Argo Muria KA14 Gmr-Smt berangkat 07.00
3.Argo Parahyangan KA 52 Gmr-Bd berangkat 07.25
4.Argo Parahyangan KA 34 Gmr-Bd 08.05
5.Argo Bromo Anggrek KA 2 Gmr-Sbi berangkat 08.20
6.Argo Cheribon KA 26 Gmr-Cn 08.30
7.Taksaka KA 68 Gmr-Yk berangkat 09.20
8.Argo Parahyangan KA 44 Gmr-Bd berangkat 09.30
9.Sembrani KA 62A Gmr-Sbi berangkat 09.50
Ixfan menambahkan, adapun waktu keberangkatan KA dari Stasiun Gambir tidak mengalami perubahan.
Ixfan menjelaskan pengaturan pola operasi khusus tersebut diharapkan pelanggan dapat terhindar dari risiko kemacetan yang mungkin terjadi akibat pengalihan arus lalu lintas menuju Stasiun Gambir dan memiliki pilihan untuk dapat berangkat dari Stasiun Jatinegara”.
“Kami mohon maaf atas ketidaknyamananya pelayanan kami, hal tersebut harus kami lakukan karena untuk mengantisipasi pelanggan yg terjebak kemacetan.
“Untuk informasi lebih lanjut mengenai perjalanan kereta api dan layanan KAI dapat menghubungi Contact Center 121 dan social media KAI 121,” pungkasnya. (Dede/Ndy)