Friday, July 19, 2024
BerandaOlahragaAtlet Indonesia Raih Juara Umum ke-2 dalam Kejuaraan Dunia Shorinji Kempo di...

Atlet Indonesia Raih Juara Umum ke-2 dalam Kejuaraan Dunia Shorinji Kempo di Jepang

progresifjaya.id, TOKYO – Atlet Kempo Indonesia meraih juara umum ke-2 dalam kejuaraan dunia Shorinji Kempo atau “2023 World Taikai” di Gedung Budokan Tokyo l, Jepang, Minggu (8/10).

Kejuaraan ini diikuti 41 negara termasuk tuan rumah Jepang dan satu region (Hongkong). Jepang sebagai tuan rumah hadir dengan kekuatan penuh dimana pada 7 Oktober 2023, melaksanakan babak kualifikasi internal dalam rangka persiapan final.

Jumlah atlet Indonesia yang datang ke Jepang sebanyak 153 kenshi dan sebagian akan ikut ujian kenaikan tingkat (Dan-grading) di Honbu Tadotso, Provinsi Kagawa, mulai tanggal 9-14 Oktober 2023.

Hadir pada kejuaraan dunia ini pendiri Shorinji Kempo Indonesia, Sensei Drs Indra Kartasasmita. Dari 36 nomor pertandingan World Taikai, Indonesia menghadirkan 71 atlet dari Provinsi Jawa Barat, DKI, Kalimantan Timur dan NTT dan mengikuti 19 nomor pertandingan.

Pada kejuaraan dunia ini atlet Kempo Indonesia menorehkan prestasi gemilang dengan menduduki juara kedua setelah tuan rumah Jepang. Medali yang didapat Indonesia terdiri dari 4 emas, 4 perak dan 5 Perunggu. Bahkan ada satu nomor pertandingan yang semua medali di sapu bersih oleh kenshi Indonesia.

Medali-medali yang direbut atlet Indonesia antara lain, peraih emas yaitu Farel Totomone dan Aristo Naben (Embu pasangan putra kyu kenshi), Yustino Elmaser dan Dionisius Ramli (Embu pasangan 2 Dan), Aviva Amelia Iskandar dan Dinda Rizky Amelia (Embu pasangan putri kyu kenshi), dan Putra Gadang Mulia Gussti (Embu solo kyu kenshi)

Sedangkan untuk peraih medali perak yaitu, Dewinda F. Pinis dan Romana Kenshi Balla (Embu pasangan putri kyu kenshi), Ingki D. Pinis dan Fitri Radja Huki (Embu pasangan I-Dan), Nur Indah Ekayati dan Yulia sari (Embu pasangan putri 2-dan).

Kemudian untuk peraih medali perunggu yaitu, Nur Indah Rkayati dan Yulia Sari (Embu pasangan putri 2-Dan), Varel Kuhurima (Embu solo kyu-I), Revi Pratama Syam dan Erik Syahputra, Didi Rahim Ramadhan dan Muh. Faturrahman (Embu pasangan Putra Kyu Kenshi), Hafsa & Randi (pasangan Campuran 3-Dan), Larasaati Sandradevi dan Renasto Prastiwi (Embu putri Kyu Kenshi).

Adapun prestasi lain yang didapat atlet Kempo Indonesia dengan perolehan peringkat 4 dibawah Jepang yaitu, Danieta Belavania (Embu solo Yudansha), Fernando A Balla (Embu solo yudansha), Beregu (Aristo Naben, Fetria Delviyanti Rajahuki, Gaverin N.F Radewila, Ferel Kuhurima, Danieta Belavania, Mario Moniz Bere). Selanjutnya untuk yang memperoleh peringkat 5 yaitu Mario M Bere.

Diakhir turnamen berdasarkan komunikasi dan koordinasi yang baik antara Ketum PB Perkemi, Laksdya TNI (Purn) Agus Setiadji dengan Presiden World Shorinji Kempo Organization (WSKO), Mr. Kouma So Sensei, WSKO akan mengijinkan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Kempo antar mahasiswa pada tahun 2025.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua PB Perkemi mengapresiasi seluruh atlet Kempo Indonesia,

“Saya sangat bangga dengan raihan para atlet Kempo Indonesia atas capaiannya sebagai juara umum ke-2 setelah Jepang di Kejuaraan Dunia Kempo World Taikai 2023. Hal tersebut sudah mengharumkan nama baik negara Indonesia di dunia internasional khususnya dalam bidang olahraga Kempo,” jelas Laksdya TNI (Purn) Agus Setiadji. (Ndy)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru