progresifjaya.id, JAKARTA – Awal tahun 2024 penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) menuju Jakarta kembali meningkat.
“Di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen terpantau meningkat, secara total terdapat sekitar 42.708 penumpang turun, 15.069 penumpang turun di Stasiun Gambir, 15.126 penumpang lainnya turun di Stasiun Pasar Senen, sedangkan sisanya lebih dari 10 ribu penumpang turun di Bekasi, Jatinegara dan beberapa stasiun lain di wilayah Daop 1 Jakarta,” ujar Manager Humas Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko dalam keterangan resmi, Senin (1/01) di Jakarta.
Ixfan menjelaskan bahwasanya berdasarkan data penjualan tiket tercatat volume penumpang berangkat hari ini, Senin (01/1) lebih dari 32 ribu penumpang, keberangkatan KA dari Stasiun gambir sebanyak 10.765 penumpang dengan layanan operasional 40 perjalanan KA dan Stasiun Pasar Senen 21.317 penumpang dengan layanan operasional 34 perjalanan KA.
Angka tersebut masih cukup tinggi jika dibandingkan dengan hari -hari biasa. Angka-angka tersebut masih dapat mengalami peningkatan, mengingat penjualan tiket untuk keberangkatan hingga KA terakhir pada hari ini masih dibuka.
Selama masa angkutan nataru 2023/2024 dari tanggal 21 Desember 2023 hingga hari ini Senin 1 Januari 2024, secara total KAI Daop 1 Jakarta telah melayani sebanyak 918.017 pelanggan kereta api yang naik dan turun di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara dan beberapa stasiun lain di Daop 1 Jakarta.
Dari angka tersebut sebanyak 464.465 penumpang naik/berangkat dan 453.552 penumpang turun/datang.
Secara keseluruhan tiket Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) KAI Daerah Operasi 1 Jakarta (Daop 1 Jakarta) selama 18 hari mulai tanggal 21 Des 2023 sampai dengan 7 Januari 2024 sebanyak 772.715 tiket. Dari jumlah tersebut sampai dengan Senin (01/1) telah terjual lebih dari 539 ribu tiket untuk keberangkatan 21 Des 2023 sampai dengan 7 Januari 2024.
Sementara jika melihat berdasarkan tanggal yang paling banyak diminati berdasarkan tanggal keberangkatan KA terjadi mulai tanggal 21 sampai dengan 30 Desember 2023. Pada kurun waktu 10 hari tersebut dari ketersediaan tiket sebanyak 429.184 sekitar 399.679 telah terjual, okupansi 93 persen.
Sisa tempat duduk hari ini Senin (01/1) sampai dengan Minggu (7/1) masih sekitar 118 ribu seat, yaitu 63 persen persen dari kapasitas tempat duduk yang disediakan yaitu 300.370 seat.
KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik dan memesan tiket dari jauh hari sebelum keberangkatan karena tiket KA masa libur Natal 2023 dan tahun baru 2024 sudah dapat dipesan mulai 45 hari sebelum jadwal keberangkatan yang dipilih.
Pelanggan KA yang akan bepergian menggunakan jasa layanan KAI juga dihimbau agar datang lebih awal ke stasiun pemberangkatan minimal 1 jam sebelum keberangkatan KA nya, agar tidak tertinggal.
“Masyarakat yang ingin mengetahui ketersediaan tiket dapat melalui jalur online yakni Aplikasi Access by KAI yang dapat diunduh secara gratis di perangkat Android dan iOS. Selain pengecekan ketersediaan tiket Aplikasi Access by KAI juga dapat digunakan untuk pemesanan tiket, perubahan jadwal dan pembatalan tiket. Selain melalui aplikasi pemesanan tiket juga dapat dilakukan melalui agen resmi penjualan online dan retail yang sudah bekerjasama dengan KAI,” kata Ixfan.
Di seluruh stasiun online juga sudah dilengkapi dengan fasilitas mesin CIC (Check In Counter) untuk cetak tiket boarding pass secara mandiri.
Waktu check-in dapat dilakukan mulai H-7 x 24 jam sampai dengan h-1 x 24 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api. Untuk waktu check-in 1 X 24 jam sampai dengan sebelum jadwal keberangkatan kereta api maka proses check-in hanya dapat dilakukan di stasiun keberangkatan penumpang atau stasiun antara sesuai relasi tiket kereta api.
“Jika penumpang melakukan pembelian tiket KA melalui Access by KAI dapat menggunakan fitur e-boarding pass yang tersedia di aplikasi tersebut,” katanya menuturkan.
Ixfan menjelaskan bahwa E-boardingpass adalah boarding pass elektronik yang diterbitkan melalui aplikasi Access by KAI mulai dari 2 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.
“Jika penumpang telah memiliki e-boarding pass maka tidak perlu melakukan proses check-in (cetak boarding pass) di stasiun,” pungkas Ixfan.
Untuk informasi lebih lanjut terkait KA Tambahan dan penjualan tiket pada masa Angkutan Nataru, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121. (Dede/Ndy)