Jumat, Desember 9, 2022
BerandaNusantaraBagian Administrasi Pembangunan Setda Pandeglang Laksanakan Rapat Koordinasi Realisasi Fisik dan Keuangan

Bagian Administrasi Pembangunan Setda Pandeglang Laksanakan Rapat Koordinasi Realisasi Fisik dan Keuangan

progresifjaya.id, PANDEGLANG – Realisasi Fisik dan Keuangan (RFK) adalah pelaksanaan kegiatan yang berhubungan dengan segala aktivitas dan proyeksi dana keuangan dimasa mendatang sesuai dengan alokasi dananya.

Dengan demikian Bagian Administrasi Pembangunan Setda Pandeglang menggelar acara Rapat Koordinasi (Rakor) Evaluasi Laporan Fisik dan Keuangan perangkat daerah Kabupaten Pandeglang. Bertempat di Aula Setda Pandeglang. Kamis, 23 September 2022.

Kusnandar, MSc, selaku pemateri sekaligus mewakili Dinas PUPR Pandeglang mengatakan, setiap bulan, dinas selalu diminta untuk laporan Realisasi Fisik dan Keuangan.

Jikalau memang ada kendala yang harus kita hadapi di pelaksanaan penyusunan laporan ini, dan dengan acara seperti ini mungkin bisa memberikan solusinya.

“Itu tadi memang sudah diterangkan bagaimana caranya untuk bisa menyelesaikan laporan sesuai dengan yang diharapkan dan juga sesuai dengan waktu yang diminta. Maka acara ini sangat bermanfaat sekali bagi perangkat daerah yang ada di Kabupaten Pandeglang,” ucap Kusnandar pada awak media, Kamis (23/9/2022)

Kusnandar berharap acara seperti ini rutin dilaksanakan agar kualitas kinerja para OPD lebih maksimal dalam melaksanakan laporannya.

Di tempat yang sama. Kabag Administrasi dan Pembangunan Setda Kabupaten Pandeglang, Didin Fahrudin, S.Sos., MM, menjelaskan bahwa tujuan diadakannya acara ini untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman para Kasubag PEP atau pejabat yang menangani perencanaan dalam menyusun laporan fisik dan keuangan perangkat daerah.

“Hal ini sesuai dengan Perbup Pandeglang Nomor 35 tahun 2021 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa bab v ayat 3 huruf b yang berbunyi :

Perangkat daerah melaporkan Realisasi Fisik dan Keuangan ke bagian Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Pandeglang setiap bulan/triwulan. Selambat- lambatnya tanggal 15 bulan berikutnya,” tegas Didin Fahrudin.

Selanjutnya Didin Fahrudin berharap kepada para perangkat daerah dalam laporan fisik dan keuangan itu tepat waktu.

“Ya selambat-lambatnya tanggal 15 bulan berikutnya,” tandasnya.

“Nanti ke depannya, kita akan menggunakan aplikasi agar memudahkan para perangkat daerah dalam membuat laporan fisik dan keuangan,” pungkasnya. (Dede)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru