Saturday, July 13, 2024
BerandaOlahragaBelanda Intip Peluang Peringkat 3 Terbaik untuk Lolos ke 16 Besar Piala...

Belanda Intip Peluang Peringkat 3 Terbaik untuk Lolos ke 16 Besar Piala Eropa 2024

progresifjaya.id, JAKARTA – Belanda terpaksa harus mengintip peluang supaya bisa lolos ke babak 16 besar. Posisi sulit ini harus diterima tim oranye usai kalah dramatis 2-3 dari Austria pada pertandingan Grup D Euro 2024 berlangsung di Stadion Olympia, Berlin pada Selasa (25/6) malam WIB.

Kekalahan menyesakkan ini membuat Belanda dipastikan turun dari posisi puncak Grup D ke peringkat ketiga.

Sebaliknya, kemenangan ini membuat Austria berhasil naik ke puncak klasemen Grup D dengan mengemas enam poin dari tiga pertandingan yang dijalani. Austria pun berhak lolos ke babak 16 besar Euro 2024.

Untuk sementara Belanda bisa sedikit bernafas lega sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik.

Namun begitu, Juara Eropa 1988 ini masih harus menunggu hasil dari grup lain untuk memastikan posisi di klasemen akhir peringkat ketiga terbaik.

Belanda kini memimpin sementara klasemen peringkat ketiga terbaik Euro 2024 dengan empat poin diikuti Slovakia dari Grup E dengan tiga poin dan Hungaria dari Grup A dengan tiga poin.

Sedangkan di peringkat keempat klasemen peringkat ketiga terbaik di tempati Slovenia dari Grup C dengan torehan dua poin dari dua pertandingan yang dijalani.

Seperti diketahui selain juara dan runner up grup, sebanyak empat tim peringkat ketiga terbaik akan lolos ke babak 16 besar Euro 2024.

Laga Dramatis

Laga Belanda vs Austria berakhir dengan dramatis dan penuh kejutan. Austria memimpin pada menit keenam Belanda lewat gol bunuh diri Donyell Malen.

Gol berawal saat Malen berusaha melakukan blok terhadap umpan silang bek kiri Austria Alexandre Prass. Namun blok Malen justru mengarah ke gawang sendiri.

Di awal babak kedua, Belanda mampu mencetak gol balasan lewat Cody Gakpo. Dari dalam kotak penalti lawan, Gakpo sukses melepaskan tembakan terarah ke sudut kiri gawang Austria yang mengubah skor menjadi 1-1.

Pada menit ke-62 Austria kembali unggul menjadi 2-1 berkat gol yang dicetak Romano Schmid usai meneruskan umpan Florian Grilllitsch.

Lalu, di menit ke-75 Belanda sejatinya mampu membobol gawang Austria lewat tembakan Memphis Depay. Namun wasit Ivan Kruzliak sempat menganulir gol Depay karena wasit menilai Depay lebih dulu melakukan handball setelah menerima umpan sundulan Wout Weghorts.

Akhirnya berdasarkan laporan VAR wasit akhirnya mengesahkan gol Depay karena dari video tayangan ulang Depay tidak melakukan handball, skor menjadi 2-2.

Namun pada menit ke-80, Austria mampu kembali unggul menjadi 3-2 lewat gol Marcel Sabitzer. Sabitzer menerima bola di ruang bebas setelah Virgil van Dijk tidak melakukan tarikan offside. Sabitzer langsung melepaskan tembakan ke sudut kiri atas gawang Belanda.

Hingga pertandingan berakhir tak ada gol tambahan yang tercipta. Belanda kalah 2-3 dari Austria.

Klasemen peringkat 3 Euro 2024 hingga Selasa (25/6) malam:

1. Belanda (Grup D/ 3 pertandingan/ 4 Poin)
2. Slovakia (Grup E/ 2 pertandingan/ 3 Poin)
3. Hungaria (Grup A/ 3 pertandingan/ 3 Poin)
4. Slovenia (Grup C/ 2 pertandingan/ 2 Poin)
5. Kroasia (Grup B/ 3 pertandingan/ 2 Poin)
6. Republik Ceko (Grup F/ 2 pertandingan/ 1 poin). (Ndy)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru