Tuesday, April 23, 2024
BerandaBerita UtamaBPBD Bareng PLN Lakukan Operasi Pemeriksaan Instalasi Listrik Di Kawasan Permukiman

BPBD Bareng PLN Lakukan Operasi Pemeriksaan Instalasi Listrik Di Kawasan Permukiman

progresifjaya.id, JAKARTA – Dalam rangka memperingati Bulan Pengurangan Risiko Bencana 2023, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menggelar operasi pemeriksaan instalasi listrik di kawasan permukiman Kelurahan Cengkareng Timur, Jakarta Barat, dikutif dari Siaran Pers Dinas Kominfotik Pemprov DKI Jakarta, Jum’at (22/9/2023).

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta, Isnawa Adji menuturkan, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya meminimalkan kejadian kebakaran yang melanda kawasan gedung dan permukiman di Jakarta, serta meminimalkan dampak korban yang ditimbulkan.

“Menurut data kejadian kebakaran pada 2020-2022, korsleting listrik menjadi penyebab tertinggi kasus kebakaran di Jakarta yakni sebesar 74,7 persen. Oleh karena itu perlu dilakukan pemeriksaan terhadap instalasi listrik di kawasan permukiman,” tuturnya.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta, Isnawa Adji saat memberikan keterang pers, Kamis (21/9/2023) (ist)

Lebih lanjut, Isnawa menuturkan,  untuk tahap awal, pemeriksaan dilakukan di Kelurahan Cengkareng Timur, Jakarta Barat. Pemeriksaan tersebut dilakukan dengan menerjunkan empat tim gabungan terdiri dari BPBD DKI Jakarta, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta, Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi DKI Jakarta, Satpol PP, Wali Kota Jakarta Barat, BAZNAS (BAZIS) DKI Jakarta, Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya, Perintis Perlindungan Instalasi Listrik Nasional (PPILN), unsur kelurahan, Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK), serta RT/RW setempat.

“Tim gabungan ini diturunkan untuk mengecek penggunaan instalasi listrik yang ada di dalam dan luar ruang sekaligus memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat setempat terkait penggunaan instalasi listrik yang aman dari bencana,” imbhunya.

Menurutnya, pemeriksaan akan dilanjutkan pada kelurahan yang memiliki riwayat kebakaran tinggi yakni Kelurahan Kapuk, Sunter Agung, Kalideres, Penjaringan, dan Pulogebang hingga bulan Oktober 2023.

“Setelah pemeriksaan ini, BPBD DKI Jakarta akan melaksanakan kegiatan bedah instalasi listrik berkolaborasi dengan unsur dunia usaha. Kami yakin dengan instalasi listrik yang baik, dapat meminimalkan terjadinya arus pendek listrik yang bisa memicu kebakaran”, tandas, Isnawa.

Penulis/Editor: Asep Sofyan Afandi

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru