Monday, July 15, 2024
BerandaLifeStyleBuka Festival Bedug Ramadhan 1445 H, Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma:...

Buka Festival Bedug Ramadhan 1445 H, Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma: Festival Bedug untuk Melestarikan Seni Budaya Islami

progresifjaya.id, JAKARTA – Walikota Jakarta Pusat Dhany Sukma didampingi Kepala Suku Dinas Kebudayaan H. M. Nurdin membuka Festival Bedug Ramadhan 1445 H tingkat Kota Jakarta Pusat dalam rangka memeriahkan Bulan Suci Ramadhan dan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H di Halaman Kantor Walikota Jalan Tanah Abang I No.1, Gambir, Selasa (19/3).

Festival Bedug Ramadhan 1445 H yang diselenggarakan Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Pusat diikuti 16 grup dari 8 kecamatan sebagai ajang festival bedug tahunan diisi dengan melantunkan takbir dan shalawat serta inovasi yang dibawakan di atas panggung.

Walikota Jakarta Pusat Dhany Sukma menyampaikan bahwa Jakarta yang sebentar lagi akan menjadi kota global harus dapat menunjukkan identitas budaya lokalnya, salah satu yang tumbuh dan berkembang di masyarakat adalah tabuh bedug.

Ciri kota global adalah interaksi budaya yang dapat menciptakan sebuah tren sehingga otomatis budaya lokal akan berinteraksi dengan budaya global.

Salah satu budaya lokal yang tumbuh dan berkembang di masyarakat Jakarta adalah bedug yang juga merupakan budaya Islam di Indonesia.

Dhany menjelaskan Pemkot Jakarta Pusat melalui Sudin Kebudayaan memfasilitasi penyelenggaraan festival beduk agar tetap menjaga kelestariannya.

“Mudah-mudahan akan memperteguh karakter Jakarta Pusat sebagai bagian dari DKI Jakarta serta menjadi ciri khas dari festival bedug ini untuk melestarikan seni budaya Islami,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Pusat  H. M Nurdin menuturkan, festival bedug ini memang setiap tahun dilaksanakan bertujuan agar melahirkan anak muda yang Islami serta mengurangi tindakan negatif selama bulan suci ramadhan di masyarakat.

Dengan tujuan, pagelaran festival bedug ini selain melahirkan remaja-remaja yang kreatif, islami, dan berhaluan positif juga dapat mengurangi tawuran yang ada di masyarakat.

“Untuk hari ini penyisihan ada 16 grup besok hari kedua kita sudah masuk ke semi final dan final. Semoga nantinya di Tingkat Provinsi DKI, Jakarta Pusat keluar menjadi yang terbaik,” tandasnya.

Festival Bedug Ramadhan 1445 Tingkat Kota Jakarta Pusat  dengan memperebutkan piala dan uang pembinaan.

Juara I mendapatkan Piala, Sertifikat dan Uang Pembinaan Rp 12.500.000;

Juara II mendapatkan Piala, Sertifikat dan Uang Pembinaan Rp 10.000.000,-

Juara III mendapatkan Piala, Sertifikat dan Uang Pembinaan Rp 8.500.000,-

Harapan I mendapatkan Piala, Sertifikat dan Uang Pembinaan Rp 7.500.000,-

Harapan II  Piala Sertifikat, dan Uang Pembinaan Rp 6.500.000.

Penulis: Fari. K

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru