Friday, July 19, 2024
BerandaBerita UtamaBuka Jumbara ke XI 2024 PMR PMI Jakarta Pusat, Wali Kota Dhany...

Buka Jumbara ke XI 2024 PMR PMI Jakarta Pusat, Wali Kota Dhany Sukma: PMR Harus Kreatif, Inovatif, Responsif

progresifjaya.id, JAKARTA – Walikota Jakarta Pusat Dhany Sukma membuka Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) ke XI Palang Merah Remaja (PMR) yang diselenggarakan oleh Palang Merah Indonesia  (PMI) Jakarta Pusat, yang berlangsung dari tanggal 24 sampai dengan 26 Juni 2024  bertempat di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur, Senin (24/6).

Jumbara ke XI PMR  merupakan salah satu kegiatan pembinaan yang juga merupakan ajang silaturahmi anggota Palang Merah Remaja untuk saling berbagi evaluasi meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam suasana gembira, bersahabat, kreatif, inovatif dan responsif serta partisipatif.

Berbagai macam kegiatan PMR digelar mulai anjangsana, travelling kepalangmerahan, tukar hasil karya, konferensi PMR, sarasehan jumtek, penanaman pohon dan lain-lain.

Jumbara ke XI PMR tahun ini diikuti 1.000 peserta dari 92 kontingen PMR se Jakarta yang terdiri dari unit Palang Merah Remaja Mula (SD), Palang Merah Remaja Madya (SMP) dan Palang Merah Remaja Wira (SMA).

“Jumbara ke XI PMR PMI Jakarta Pusat  menjadi wadah penting dalam pembinaan generasi muda untuk menjadi insan yang peka dan memiliki jiwa kemanusian yang tinggi,” ujar Ketua Penyelenggara Jumbara ke XI PMR, Ucu Jamilah Sukma.

Walikota Jakarta Pusat  Dhany Sukma menyampaikan ucapan terima kasih dan sangat mengapresiasi kegiatan Jumbara ke XI PMR ini.

Karena terakhir kegiatan Jumbara pada tahun 2017 pasca covid.

“Jumbara ke XI PMR baru dapat terlaksana hari ini karena itu anak muda harus kreatif, inovatif dan responsif menjadi kader sejak dini dan peka serta memiliki jiwa kemanusian yang tinggi untuk menolong sesama, terutama dalam kondisi kedaruratan.

Dhany menekankan pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi  bencana alam yang kerap akan terjadi di Indonesia.

“Melalui Jumbara, para anggota PMR dapat meningkatkan kemampuan untuk mengaplikasikan 7 Prinsip Dasar Gerakan International Palang Merah dalam kehidupan sehari-hari dan akan terjadi kerja sama internal dan eksternal yang kuat antara pembina, fasilitator, pelatih dan anggota PMR dalam pembinaan PMR dengan pendidikan karakter,” tegasnya.

Lebih lanjut Dhany mengatakan, Jumbara ke XI  PMR ini menjadi bukti komitmen PMI Jakarta Pusat dalam membina generasi muda untuk menjadi insan yang tanggap, peduli dan memiliki jiwa kemanusian yang tinggi.

“Para peserta Jumbara dapat menjadi agen perubahan positif di masyarakat agar perubahan agen positif dan berkontribusi positif di masyarakat serta mewujudkan masyarakat yang tangguh bencana,” tandasnya.

Kegiatan Jumbara ke XI PMR tahun 2024 PMI Jakarta Pusat di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur dari tanggal 24 – 26 Juni 2024 turut dihadiri perwakilan PMI DKI Jakarta Edward, Ketua PMI Jakarta Pusat H. Asep Djuanda, Sekretaris PMI M. Guntur Aritonang, Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Jakarta Pusat Reza Phahlevi, Kabag Kesra Ahmad Juhandi, para Kasudin, para Camat, para Pembina PMR  dan Ketua PMI Kecamatan se Jakarta Pusat

Penulis/Editor: Fari. K

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru