Rabu, Februari 21, 2024
BerandaEkonomi & BisnisBuka Peluang Investasi Baru: DPUPR Lebak Berupaya Tingkatkan Kualitas Infrastruktur Publik

Buka Peluang Investasi Baru: DPUPR Lebak Berupaya Tingkatkan Kualitas Infrastruktur Publik

progresifjaya.id, LEBAK – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Lebak berupaya meningkatkan infrastruktur publik guna meningkatkan serta membuka peluang investasi baru di Kabupaten Lebak.

‘Kita untuk mencapai hal tersebut dalam melaksanakan tugas pokoknya DPUPR Kabupaten Lebak berpedoman pada amanat Peraturan Bupati Lebak Nomor 30 tahun 2023,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Lebak. Irfan Sayutupika di ruang kerjanya, Senin (4/12/2023).

Dimana, kata dia, DPUPR Kabupaten Lebak memiliki tugas pokok merumuskan, menyelenggarakan, membina dan mengevalusi penyusunan dan pelaksanan kebijakan daerah pada bidang urusan Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, yang meliputi beberapa kewenangan di beberapa sub urusan.

Diantaranya sumber daya air, air minum, persampahan, air limbah, drainase, pemukiman, bangunan gedung, penataan bangunan, jalan jembatan, jasa konstruksi dan tata ruang.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, jelas Irfan, DPUPR menuangkannya ke dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) yang terbagi dalam 10 program, 17 kegiatan dan 46 sub kegiatan yang dilaksanakan oleh sekretariat dinas dan lima bidang.

“Program, kegiatan dan sub kegiatan pada DPUPR disusun untuk mendukung upaya pemerintah dalam menurunkan angka stunting, penghapusan kemiskinan ekstrim, pengembangan kawasan wisata dan pengendalian inflasi,” katanya.

Selain itu program-program tersebut diantaranya adalah program pengelolaan sumber daya air, program pengelolaan dan pengembangan sistem penyediaan air minum, program pengelolaan dan pengembangan sistem air limbah, program pengelolaan dan pengembangan sistem drainase dan program penyelenggaraan jalan.

Capaian tingkat kemantapan jalan diakhir tahun 2023 ini sebesar 70,63%, yang direalisasikan dalam beberapa kegiatan.

“Yaitu, pembangunan jalan, rekonstruksi jalan dan rehabilitasi jalan, dengan total paket pekerjaan konstruksi sebanyak 110 paket, dengan rincian jalan yang direhabilitasi sepanjang 23,83 kilometer, jalan yang direkonstruksi sepanjang 40 kilometer lebih, pembangunan jalan sepanjang 14,50 kilometer dan penanganan jalan strategis desa sepanjang 51,8 kilometer,” terangnya.

Dia menuturkan, untuk capaian ketersediaan air irigasi pada sistim irigasi yang sudah ada sebesar 71,43% yang dilaksanakan dalam beberapa kegiatan.

Yaitu, pengembangan dan pengelolaan sistem irigasi permukaan dengan jumlah lokasi 17 penanganan, seperti daerah irigasi, pembangunan bangunan perkuatan tebing dengan 3 lokasi penanganan dan rehabilitasi embung dan penampungan air lainnya sebanyak dua lokasi.

Capaian kinerja cakupan air minum sebesar 74,30% dilakukan melalui kegiatan pengelolaan dan pengembangan sistem air minum (SPAM) dengan jumlah rumah tangga yang mendapatkan akses air minum jaringan perpipaan sebanyak 3.513 SR.

Sedangkan untuk capaian akses air sanitasi sebesar 73,45% dengan kegiatan pengelolaan dan pengembangan sistem air limbah domestik dengan jumlah septik tank individu sebanyak 1.164 SR.

Irfan menyebutkan, dengan capaian target-target tersebut, DPUPR berharap dapat menciptakan Kabupaten Lebak yang maju dan sejahtera disertai dengan meningkatnya investasi yang berkelanjutan sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 7 tahun 2023 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Lebak.

“Oleh karena itu, mari bersama-sama mendukung pemerintah Kabupaten Lebak dalam melaksanakan pembangunan,” pungkasnya. (R. Rencong)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru