Saturday, May 25, 2024
BerandaBerita UtamaBuntut Kecelakaan Maut, Pemprov DKI Larang Perpisahan dan Study Tour di Luar...

Buntut Kecelakaan Maut, Pemprov DKI Larang Perpisahan dan Study Tour di Luar Sekolah

progresifjaya.id, JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Pendidikan melarang seluruh satuan pendidikan di Jakarta menggelar acara perpisahan dan study tour di luar sekolah.

Hal ini merupakan buntut atau efek dari kecelakaan maut yang menimpa pelajar SMK Lingga Kencana Depok di Ciater, Subang, Jawa Barat.

“Jadi perpisahan dan study tour tidak ke mana-mana, hanya di lingkungan sekolah masing-masing menggunakan fasilitas yang ada saja,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdik DKI Jakarta Purwosusilo, Selasa (14/5/2024).

Dia menambahkan, perpisahan atau kegiatan jalan-jalan dilakukan di luar sekolah, maka memberatkan sebagian orang tua siswa dan menimbulkan risiko yang lebih tinggi.

“Jadi kalau mengadakan di luar sekolah itu memberatkan dari segi biaya dan juga berisiko,” kata dia.

Dia mengaku banyak menerima pengaduan dari orang tua murid terkait sekolah yang masih tetap mengadakan kegiatan perpisahan ataupun jalan-jalan di luar lingkungan sekolah. Untuk itu, dia meminta agar sekolah membatalkannya.

“Kami sudah tindaklanjuti untuk dibatalkan atau diadakan di sekolah. Kami tindaklanjuti dengan memanggil kepala sekolahnya,” katanya.

Sementara itu, jika sekolah ingin melaksanakan perpisahan dan study tour di luar sekolah akan melalui beberapa tahapan-tahapan pembinaan dan monitoring dari Disdik DKI Jakarta.

Penulis: Fari. K

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru