Thursday, June 13, 2024
BerandaNusantaraBupati Berikan Bantuan Ekonomi Produktif kepada Desa Penyangga Taman Nasional Gunung Ciremai

Bupati Berikan Bantuan Ekonomi Produktif kepada Desa Penyangga Taman Nasional Gunung Ciremai

progresifjaya.id, MAJALENGKA – Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) memberikan bantuan ekonomi produktif kepada kelompok masyarakat Desa Penyangga Taman Nasional Gunung Ciremai yang ada di wilayah Kabupaten Majalengka.

Bupati Majalengka secara simbolis memberikan bantuan tersebut di Kawasan Wisata Bukti Kanaga Desa Cipulus Kecamatan Cikijng, Senin (10/07/2023).

Hadir mendampingi Bupati dalam kegiatan tersebut yakni, Sekda, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), para Staf Ahli, Asisten Daerah Kab.Majalengka, para Kepala OPD, unsur Muspika Kecamatan Cikjing, para Kepala Desa se-Kecamatan Cikjing, Kelompok Tani, pegiat wisata dan unsur lainnya.

Dalam laporannya, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai, Maman Surahman, S.hut.,M.Si., menyampaikan, pemberian bantuan ekonomi produktif untuk kelompok masyarakat Desa Penyangga Taman Nasional Gunung Ciremai yang ada di wilayah Kabupaten Majalengka merupakan bentuk komitmen TNGC sebagai penggelola kawasan taman nasional Gunung Ciremai berbasis, ekologi, ekonomi dan juga sosial.

Konsep tersebut sebagai dasar untuk mengembangkan masyarakat yang ada di sekitar Gunung Ciremai agar dapat meningkatkan taraf perekonomian dan kesejahteraannya.

Kehadiran kawasan-kawasan wisata di Kabupaten Majalengka yang masuk ke dalam wilayah TNGC telah mampu mendongkrak PNBP.

Hal tersebut tentunya berbanding lurus dengan terdongkraknya kehidupan ekonomi di sekitar wilayah tersebut.

“Kami bersama dengan masyarakat Desa Cipulus di kawasan Bukit Kanaga ini, berkolaborasi mengembangkan wilayah wisata ini agar apa yang menjadi daya tarik wisata Kanaga dapat lebih dinikmati keindahannya oleh masyarakat di Kabupaten Majalengka maupun dari luar Majalengka. Hal tersebut juga dalam upaya mendongkrak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini serta meningkatkan kehidupan ekonomi masyarakat di wilayah sekitar Kanaga,” ujar Maman.

Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui TNGC memberikan bantuan ekonomi produktif kepada 17 Kelompok masyarakat Desa penyangga TNGC yang ada di wilayah Kabupaten Majalengka tepatnya di tujuh Kecamatan.

Bantuan tersebut ada yang berupa bantuan ternak, sarana wisata dan sarana diversifikasi produk unggulan.

Dan, berupa dana yang akan dipergunakan untuk mengembangkan kawasan wisata agar berdampak pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakatnya sekitar.

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi,M.M.Pd., menyampaikan terima kasih serta apresiasi kepada Balai Taman Nasional Gunung Ciremai atas  bantuannya kepada masyarakat Desa Penyangga TNGC yang ada di wilayah Kabupaten Majalengka tepatnya 17 Kelompok dari 7 kecamatan yaitu Kecamatan Sindangwangi, Sindang, Rajagaluh, Cikijing, Talaga, Aragapura, dan Banjaran.

Tentunya dengan daya dukung dari Balai TNGC ini diharapkan mampu mengembangkan setiap destinasi wisata agar dapat lebih optimal baik dari sisi fasilitas maupun yang lainnya.

Hal tersebut agar pengunjung dapat lebih mendapatkan kenyamanan dan pelayanan terbaik ketika menikmati destinasi wisatanya.

Masih dikatakan Bupati, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan disepakati bersama di kesempatan kali ini dalam rangka mengelola kawasan konservasi areal Taman Nasional Gunung Ciremai.

Pertama, Prinsip Ekologi. Bagaimana dengan prinsip tersebut tata lingkungan tetap dapat terjaga dan terpelihara, tetap menjaga komposisi keberadaan flora maupun fauna yang ada agar keindahan dari areal TNGC ini tetap terjaga.

“Selain itu masyarakat harus dapat bermitra dengan Balai TNGC dalam memanfaatkan kawasan hutan untuk dapat meningkatkan kehidupan perekonomiannya,” pungkasnya. (Bram)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru