Thursday, June 13, 2024
BerandaHukum & KriminalCegah Tawuran Remaja, Kapolres Tangkot Minta Orang Tua Awasi Handphone Anak

Cegah Tawuran Remaja, Kapolres Tangkot Minta Orang Tua Awasi Handphone Anak

progresifjaya.id, KOTA TANGERANG – Polres Metro Tangerang Kota (Tangkot), Polda Metro Jaya terus berkomitmen menciptakan kondusifitas wilayah. Salah satunya dengan rutin menggelar Patroli Kepolisian Rutin yang Ditingkatkan (KRYD).

Operasi Cipta Kondisi (Cipkon) ini rutin digelar di 12 Polsek jajaran bersama Tim Patroli Perintis Presisi (3P) Polres Metro Tangerang Kota. Terlebih menjelang Pemilu 2024, polisi semakin gencar melakukan patroli kewilayahan, terutama di malam weekend (libur-red).

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho mengungkapkan, pihaknya mengharapkan peran serta orang tua dan tokoh masyarakat untuk bersama melakukan pengawasan terhadap perilaku remaja yang menjurus pada kenakalan dan perbuatan melanggar hukum.

“Orang tua memiliki peran penting dalam menjaga dan mengawasi kegiatan anak remaja agar tidak ikut-ikutan dalam aksi tawuran, geng motor dan begal,” ujar Kapolres.

Ungkap Zain, seperti yang terjadi pada, Senin (29/1/2024) malam, polisi melalui Polsek Tangerang dan Polsek Jatiuwung telah mengamankan belasan remaja diduga kuat hendak melakukan aksi tawuran.

“Semalam (29/1) sekira pukul 03.00 WIB, kita mengamankan 18 remaja diduga hendak tawuran, dari 18 remaja itu kita mengamankan sebilah celurit, parang, dan petasan di Alun-Alun Cibodas. Dari kawasan Modernland kita amankan 3 remaja diduga hendak tawuran bersama kelompoknya,” kata Zain dalam keterangannya, Selasa (30/1/2024).

Tentunya, kata Kapolres, ini bukan kejadian yang pertama polisi dan masyarakat bersama mencegah aksi tawuran. Dimana sebelumnya Tim Cyber Media Sosial (Medsos) seperti, Facebook, Instagram, dan Twitter melakukan patroli terhadap kelompok-kelompok remaja yang diduga janjian tawuran melalui akun grup.

“Saya berharap para orang tua mengawasi penggunaan handphone anak. Aksi tawuran diawali dengan janjian melalui medsos, yang dimulai dari saling ejek dan saling tantang,” ungkapnya.

Zain menegaskan, orang tua wajib mencari anaknya jika di atas jam 21.00 WIB masih berkeliaran di luar rumah.

Menurutnya, hal tersebut dapat menekan anak terhindar dari pergaulan yang mengarah pada tindak kejahatan, tawuran, begal maupun geng motor.

“Terhadap remaja yang kedapatan membawa sejam, kita tetap lakukan proses pemeriksaan. Tentunya dengan melibatkan Unit PPA Polres, Bapas anak dan P2TP2A, untuk menangani dan mendampingi. Termasuk kita juga memanggil pihak orang tua dan sekolah yang bersangkutan,” ujar Zain.

Kepolisian Resort Metro Tangerang Kota, tambah Kapolres, telah menyebar nomor Command Center di 082211110110 atau call center 110, guna merespon cepat laporan maupun aduan masyarakat dalam menjaga Kamtibmas di wilayah.

“Arahkan remaja pada kegiatan positif di lingkungan, seperti pengajian, olahraga dan sebagiannya. Kita (Polres/TNI-red) ada Bhabinkamtibmas ada Babinsa (TNI AD) dan Polisi RW, libatkan dalam menjaga wilayah. Kita kerja sama bersama warga menjaga keamanan dan kenyamanan di lingkungan,” tuturnya.

Editor: Benz

Sumber: Humas Polres Tangkot

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru