Saturday, May 25, 2024
BerandaHukum & KriminalCerminan Polri yang Mengayomi dan Melindungi, Tim 3P Polres Metro Jaksel Intens...

Cerminan Polri yang Mengayomi dan Melindungi, Tim 3P Polres Metro Jaksel Intens Patroli Strong Point

progresifjaya.id, JAKARTA – Tim Patroli Perintis Presisi (3P) Sat Samapta Polres Metro Jakarta Selatan tak ada hentinya melakukan patroli monitoring kewilayahan malam dini hari. Upaya patroli selalu dilakukan ke sejumlah strong point untuk memastikan kondisi Kamtibmas Jakarta Selatan aman dan kondusif.

Patroli monitoring wilayah menyasar strong point juga dimaksudkan sebagai upaya preventif terhadap tindak kejahatan jalanan seperti premanisme, tawuran serta tindak pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian dengan kekerasan (curas) dan pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

Kasat Samapta Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Rosa Witarsa dalam pernyataan resminya mengatakan, patroli monitoring wilayah malam dini hari yang dilakukan Tim 3P setiap hari masuk kategori Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD). Karena masuk dalam kategori tersebut, secara otomatis pelaksanaan kegiatan punya tanggung jawab penuh untuk memberi rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

“Tim 3P Sat Samapta Polres Metro Jakarta Selatan diperkuat personel terlatih yang sigap dan tangkas untuk mengatasi persoalan gangguan Kamtibmas atau Guantibmas,” terang AKBP Rosa kepada wartawan, Rabu, (15/5).

“Selain punya kecakapan dan kesigapan bertindak, mereka juga dibekali kemampuan komunikasi yang bagus untuk melakukan kampanye dialogis. Jadi cerminan fungsi Polri sebagai pengayom dan pelindung masyarakat sebenarnya sudah bisa dilihat dari Tim 3P ini,” imbuhnya.

Dikatakannya lagi, kemampuan Tim 3P Polres Metro Jakarta Selatan membangun komunikasi dialogis dengan masyarakat sudah banyak memberi bukti manfaat. Salah satunya adalah ketika patroli monitoring Tim 3P melintasi Taman Mataram, beberapa waktu lalu, didapati sejumlah pemuda masih nongkrong meski waktu sudah dini hari.

Tim 3P langsung menghampiri para pemuda itu dan menegur santun serta mengajak mereka berbincang santai. Dalam perbincangan santai ini pesan Kamtibmas pun disampaikan dengan narasi khas pergaulan para pemuda agar mudah dipahami.

“Inti pesannya adalah menyuruh mereka pulang ke rumah karena lama nongkrong hingga dini hari di tempat umum berpotensi mengganggu Kamtibmas. Dan ternyata mereka semua bisa memahami itu. Tak pakai lama langsung membubarkan diri pulang ke rumah masing-masing,” jelas AKBP Rosa lagi. (Bembo)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru