Friday, July 19, 2024
BerandaPendidikanDanjen Akademi TNI: Tingkatkan Kemampuan Berliterasi dan Berpikir Kritis

Danjen Akademi TNI: Tingkatkan Kemampuan Berliterasi dan Berpikir Kritis

progresifjaya.id, MAGELANG – Danjen Akademi TNI diwakili Direktur Pendidikan Akademi TNI, Brigjen TNI Heru Langlang Buana menutup Sidang Badan Pimpinan Korps Taruna (Bapimkorptar) Akademi TNI (Akmil, AAL, AAU) dan Akpol Semester II tahun 2024 di Gedung Leo Kailola, Akmil, Magelang, Rabu (12/6/2024).

Acara ini berlangsung selama dua hari, dari tanggal 11 hingga 12 Juni 2024, dengan dihadiri perwakilan Taruna tingkat 2 dan 3 dari Akademi Militer, Akademi Angkatan Laut, Akademi Angkatan Udara, serta Akademi Kepolisian.

Sidang Bapimkorptar bertujuan untuk meningkatkan soliditas dan integritas antara Taruna Akademi TNI dan Akpol, serta memberikan bekal pengetahuan dan pengalaman tentang tata cara diskusi dan penulisan makalah.

Tema yang diusung kali ini adalah “Meningkatkan Kemampuan Berliterasi dan Critical Thinking di Era Smart Society”.

Dalam sambutan Danjen Akademi TNI yang dibacakan Dirdik Akademi TNI menyampaikan, bahwa tema ini tidak hanya mencerminkan tantangan zaman yang terus berkembang, tetapi juga menjadi refleksi dari peran penting literasi dan pemikiran kritis dalam menghadapi kompleksitas era masyarakat pintar (smart society).

“Di era dimana informasi mudah diakses dan teknologi berkembang pesat, kemampuan berliterasi dan pemikiran kritis menjadi kunci untuk mengolah informasi secara efektif, sehingga dapat membedakan antara fakta dan opini, serta mengambil keputusan yang tepat dan berbasis data.

Oleh karena itu, kata Danjen Akademi TNI perlu adanya pembahasan strategi dan langkah-langkah konkret dalam meningkatkan kemampuan berliterasi dan critical thinking di kalangan Taruna Akademi TNI dan Akademi Kepolisian.

Lebih lanjut, Danjen Akademi TNI menekankan pentingnya para Taruna untuk mengembangkan pemikiran kritis dan ide kreatif melalui diskusi dan pembahasan yang mendalam, sehingga dapat menghasilkan gagasan inovatif dan solusi cerdas untuk memperkuat kemampuan berliterasi dan pemikiran kritis di era smart society yang terus berkembang pesat.

Editor: Benz

Sumber: Penhumas Akmil

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru