Saturday, July 13, 2024
BerandaHukum & KriminalDapat Kado Pecah Bintang Jelang HUT ke-78 Bhayangkara, Kombes Pol Hengki Balik...

Dapat Kado Pecah Bintang Jelang HUT ke-78 Bhayangkara, Kombes Pol Hengki Balik ke Banten Jabat Wakapolda

progresifjaya.id, JAKARTA – Alhamdulillah. Kalimat ini jadi ucapan pertama yang terlontar dalam hati Kombes Pol Hengki saat mengetahui isi Surat Telegram Kapolri ST/1236/VI/KEP./2024, tertanggal 26 Juni 2024. Bukan apa. Saat membaca namanya tertera ada di urutan 7 surat telegram tersebut, dengan sepenuh hati dia menyadari kalau jelang HUT ke-78 Bhayangkara tahun ini dia dapat kado promosi pecah bintang menjadi seorang Brigjen Pol.

Berdasarkan surat telegram itu, Kombes Pol Hengki akan mutasi dari Polda Metro Jaya ke Polda Banten dengan jabatan baru sebagai Wakapolda. Hati gembira sudah pasti. Terlebih sejumlah rekan seangkatannya dari Batalyon Patria Tama Akpol 1995 sudah lebih dulu menjadi perwira tinggi.

Saat berita ini dibuat, Kombes Pol Hengki masih berstatus perwira melati tiga dan menjabat sebagai Dirresnarkoba Polda Metro Jaya. Tapi dalam 2 pekan ke depan, persisnya setelah HUT ke-78 Bhayangkara pada Senin, 1 Juli mendatang, bisa dipastikan jabatan tersebut sudah diserahterimakan Kombes Pol Hengki kepada Kombes Pol Donald Parlaungan Simanjutak yang kini menjabat Kabaglitpers Ropaminal Divisi Propam Polri.

Menilik dari rekam jejaknya sebagai anggota Polri, Jenderal berzodiak Capricorn kelahiran 7 Januari 1971 ini memang sangat kenyang pengalaman di bidang reserse. Mutasinya ke Polda Banten sekarang juga akan jadi nostalgia tugas dan kariernya sebagai seorang polisi.

Setamatnya dari Akpol tahun 1995, Jenderal asal Lampung ini bertugas sebagai Pamapta Polres Kepri Timur hingga pada 1997. Setelah itu dia digeser  menjadi Kaurbinops Reserse Polres Kepri Timur.

Setahun berikutnya, dia menjadi  Kapolsek Khairah Mandah sampai tahun 1999. Pada tahun itu juga dia sempat menjabat sebagai Kasat Serse Polres Inhil dan Kapolsektif Karimun.

Setelah itu dia kembali digeser ke posisi Kabagops Polres Kampar pada tahun 2001. Setelah menjabat 2 tahun, pada 2003 dia diberi tugas sebagai Wakasat Reskrim Polrabes Pekanbaru. Setahun kemudian dia pindah tugas lagi menjadi Pama PTIK.

Tahun 2005, Brigjen Pol Hengki untuk kali pertama masuk Banten dan menjabat sebagai Kanit II Sat II Dit Reskrim Polda Banten. Tapi tak lama. Meski tetap di Polda Banten, Brigjen Pol Hengki ketika itu dipercaya menjadi Kapolsek Kragilan di Serang hingga tahun 2007.

Setelah itu, dia kembali masuk Polda Banten dan menjabat sebagai Kanit I Dit Reskrim hingga tahun 2009. Selanjutnya dia untuk kali pertama masuk Mabes Polri dan bertugas sebagai perwira menengah Bareskrim Polri. Setahun berikutnya, dia memikul jabatan sebagai Kanit III Dit V/Tipiter Bareskrim. Dari situ dia kembali ke Polda Banten dan mengemban sejumlah jabatan.

Mulai dari Pamen Polda Banten, Kasubdit II Ditreskrimum Polda Banten, hingga Kasubdit II Ditreskrimsus Polda Banten hingga tahun 2013.

Di tahun 2014, Brigjen Pol Hengki  kembali ke daerah asalnya di Lampung untuk menjadi Kapolres Lampung Selatan. Kemudian dia menjabat Wadirreskrimsus Polda Sumbar tahun 2015.

Tahun 2016, Brigjen Pol Hengki ditugaskan sebagai Wakapolresta Barelang dan diangkat sebagai Kapolres Barelang pada 2017.

Dua tahun memimpin Barelang, Brigjen Pol Hengki dimutasi lagi sebagai Kasubdit I Dittipidter Bareskrim Polri. Tapi jabatan ini tak sampai setahun diemban. Brigjen Pol Hengki kemudian ditarik ke Polda Metro Jaya untuk menjabat sebagai Kabidkum hingga 2021. Selanjutnya dia menjadi Analis Kebijakan Madya bidang Hukum Divkum Polri.

Setelah terbit Surat Telegram (ST)  bernomor ST/2567/XII/KEP./2021 dan ST/2569/XII/KEP./2021, Brigjen Pol Hengki pun dimutasi lagi menjadi Kapolres Metro Bekasi Kota.

Kemudian terbit lagi Surat Telegram (ST) Nomor ST/498/II/KEP./2023 pada 26 Februari 2023, Brigjen Pol Hengki pindah jabatan lagi menjadi Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya.

Dan kini saat yang ditunggu itu pun akhirnya tiba. Hanya berjarak 5 hari dari ulang tahun ke-78 Bhayangkara, ST terkini lahir dan memerintah dia untuk back to Polda Banten dengan membawa tanda pangkat 1 bintang di pundak.

Menjadi seorang Brigadir Jenderal Polisi dengan kepercayaan memegang jabatan Wakapolda Banten yang diberikan oleh Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.  Selamat ya, Jenderal atas promosinya. Tetap sehat, tetap semangat, tetap amanah dan sukses selalu. Once again, congratz. Bravo. (Bembo)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru