Saturday, June 15, 2024
BerandaBerita UtamaDETIK-DETIK PROKLAMASI

DETIK-DETIK PROKLAMASI

Malam ini pulang kerja cukup melelahkan karena aktifitas siang hari cukup padat, bahkan ada 2 agenda yang sudah terjadwal pun tidak sempat di kerjakan, karena waktu tidak cukup.

Rencananya mau tidur lebih cepat dari biasanya,  tapi ternyata meski fisik cukup lelah mata sulit di pejamkan.

Malam ini tiba-tiba alam pikirannya terbawa imajinasi masa 78 tahun yang lalu saat 17 Agustus 1945 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Tentulah suasana kebatinan malam ini 78 yang lalu tidak mampu  untuk digambarkan dengan kata-kata maupun ungkapan macam apapun.

Namun ada kata yg mengganjal dalam benakku yaitu *Penculikan* dalam buku sejarah maupun buku pelajaran di jelaskan bahwa karena tidak mau memproklamirkan kemerdekaan maka Bunga Karno  diculik oleh generasi muda.

Setelah kami renungkan maka kami minta penulisan kata *Penculikan* dalam buku sejarah atau buku pelajaran supaya diganti dengan kata *Diskusi* atau Musyawarah atau Perundingan.

Karena kata *penculikan* itu konotasinya negatif, sedangkan saat itu yang ada adalah diskusi / musyawarah yang hasilnya ada kesepakatan antara generasi tua dan muda untuk memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.

Dengan demikian maka usulan penggantian kata *penculikan* diganti dgn *Diskusi* / Musyawarah sudah kami lakukan, semoga hal ini menjadi consen pemerintah dan segenap rakyat Indonesia untuk menindak lanjuti usulan kami.

(17Agustu 2023) tengah malam

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru