Minggu, November 28, 2021
BerandaKesehatanDinkes Lebak Sisir Vaksinasi ke Setiap Rumah Warga

Dinkes Lebak Sisir Vaksinasi ke Setiap Rumah Warga

progresifjaya.id, LEBAK – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten melakukan penyisiran untuk melayani vaksinasi ke setiap rumah warga agar mempercepat kekebalan komunal (herd imunity) dan peningkatan target cakupan vaksinasi.

“Kita targetkan 70 persen dari satu juta jiwa itu dapat terealisasi cakupan vaksinasi sampai Desember  mendatang,” kata Jubir Gugus Tugas Percepatan dan Penanggulangan COVID-19 Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak Dr. Firman Rahmatullah di ruang kerjanya, Rabu. (24/11/2021).

Penyisiran pelayanan vaksinasi ke setiap rumah warga dengan sistem jemput bola dinilai lebih efektif, karena dapat meningkatkan cakupan realisasi.

Berdasarkan keterangan dari identitas KTP-El yang awalnya vaksinasi mencapai 32 persen, namun kini terealisasikan 55 persen masyarakat sudah menjalani vaksinasi dosis pertama.

Bahkan, saat ini petugas vaksinator dari puskesmas bekerja hingga malam hari melakukan vaksinasi dengan “door to door” atau dari pintu ke pintu.

“Mereka masyarakat sangat senang dapat pelayanan vaksinasi langsung ke rumah, karena manfaat vaksinasi cukup besar, selain mencegah COVID-19 juga sebagai salah-satu acuan persyarat menerima bantuan sosial yang digulirkan pemerintah,” ujarnya.

“Kami mengapresiasi minat masyarakat untuk divaksinasi cukup tinggi melalui pelayanan dari rumah ke rumah itu,” kata Firman lagi.

Menurut dia, tingginya masyarakat menjalani vaksinasi tentu semakin kecil penyebaran virus corona.

Karena itu, pihaknya bersama stakeholder lainnya, termasuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kabupaten dan desa bersinergi untuk menyukseskan program vaksinasi. Selain itu, juga dibantu oleh TNI dan Polri yang tidak kenal lelah melakukan pelayanan vaksinasi tersebut.

“Kami mengoptimalkan vaksinasi guna mencegah munculnya gelombang ketiga COVID-19 yang dikhawatirkan terjadi pada pergantian tahun baru dan natal,” tuturnya.

Penulis: R. Rencong

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru