Rabu, Februari 21, 2024
BerandaNusantaraDisparbud Majalengka Gelar "Pakauland" sebagai Ajang Promosi Wisata, Budaya dan Ekraf

Disparbud Majalengka Gelar “Pakauland” sebagai Ajang Promosi Wisata, Budaya dan Ekraf

progresifjaya.id, MAJALENGKA – Dalam rangka kemajuan kebudayaan sekaligus upaya pengembangan kepariwisataan dan ekonomi kreatif di Kabupaten Majalengka, Pemerintah Kabupaten Majalengka melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab.Majalengka selenggarakan event “Pakauland 2,” Raharja Manjang Carita”.

Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi,M.M.Pd., membuka secara resmi kegiatan tersebut, bertempat di Gedung Pertunjukan Bina Asih Disparbud, Selasa (05/12/2023).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Direktur pengembangan Destinasi Kemenparekraf, Wakil Bupati Majalengka, Sekretaris Daerah Kab.Majalengka, Deputi Perwakilan Bank Indonesia Cab.Cirebon, Disparbud Provinsi Jawa Barat, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Cirebon, Para Kepala OPD, Pimpinan Cabang Bank BJB, Kepala BPJS Cab.Majalengka, serta para Pegiat Seni Budaya Majalengka, para Ketua Mitra Kelompok Seni dan Budaya di Kab.Majalengka, serta tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab.Majalengka, H.Ida Heriyani, S.K.M.,M.Kes., menyampaikan bahwa Adapun rangkaian acara dari kegiatan Pakauland 2 yang bertajuk “Raharja Manjang Carita” tersebut mempertunjukkan berbagai atraksi seni dan budaya khas Kab.Majalengka, diantaranya, Rajah dan Doa rampak Jupel 125, sajian drama teaterikal dengan judul “Mandat”.

Sederet talent yang berasal dari Majalengka dan juga pernah bersinar disejumlah TV Nasional turut memeriahkan kegiatan tersebut.

Diantaranya, ENKA “X Factor Indonesia”, Heliya Peserta Dangdut Academy 5 (DA-5), serta pegiat seni dan budaya lainnya.

Selain itu, juga digelar launching Aplikasi Kepariwisataan dari Disparbud. Aplikasi tersebut bernama “Jalakotek”.

Aplikasi yang didalamnya terdapat berbagai kemudahan bagi masyarakat mengenai informasi Kepariwisataan di Kabupaten Majalengka.

“Pakaulan ini berangkat dari sebuah pemikiran dan gagasan dalam menggabungkan beberpa aksi dalam sebuah kolaborasi festival. Pada tahun 2022, Pakaulan digelar secara offline dalam moment peringatan Hari Jadi Majalengka ke-532. Namun pada momen Pakauland 2 tahun 2023 ini digelar sebagai pamungkas dimana telah melakukan pembangunan kebudayaan dan juga ekonomi kreatif serta pariwisata selama kurun waktu satu tahun,” ucapnya

“Pakauland ini juga sebagai refleksi bagaimana ke depan sebagai suatu ekosistem yang baik dalam upaya pemajuan Kebudayaan sekaligus upaya pengembangan kepariwisataan dan ekonomi kreatif di Kabupaten Majalengka. Hal ini juga diharapkan menjadi sebuah peta jalan bagaimana ke depan Majalengka akan menyambut sebuah Festival yang lebih besar yaitu ‘Kota Angin Festival’. Untuk itu, Pakauland 2 ini merupakan pengantar menuju Kota Angin Festival,” tutup Kadis Parbud Majalengka.

Sementara itu dalam sambutannya, Direktur pengembangan destinasi Kemenparekraf, Dr.s. Utari Widyastuti, S.sos., M.I.kom., mengapresiasi kegiatan Pakauland 2 yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten Majalengka dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

Pihaknya mengapresiasi kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Majalengka karena senantiasa terus mensupport dan terus mengembangkan sektor pariwisata, ekonomi kreatif di Kabupaten Majalengka.

“Kabupaten Majalengka tidak hanya memiliki potensi pariwisata dan ekonomi kreatif saja, namun melalui event ini menunjukkan komitmen yang luar biasa untuk terus mengembangkan sektor pariwisata di Kabupaten Majalengka sehingga mampu bersaing di tingkat lokal, nasional maupun global,” ucapnya.

“Tak hanya itu, melalui event ini menunjukkan bahwa kolaborasi itu menjadi sebuah kunci keberhasilan dalam memajukan sektor kepariwisataan dan ekonomi kreatif Indonesia serta mendukung pemulihan ekonomi global pasca pandemi melanda. Untuk itu, saya mengapresiasi Pemkab Majalengka atas inisiasinya dalam memajukan dan mengembangkan dunia Kepariwisataan serta ekonomi kreatif khususnya di Kab.Majalengka,” tandas Utari. (Bram)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru