Friday, July 19, 2024
BerandaHukum & KriminalDitreskrimum Polda Metro Paparkan Jejak Rekam Duo Jambret yang Wajahnya Viral di...

Ditreskrimum Polda Metro Paparkan Jejak Rekam Duo Jambret yang Wajahnya Viral di Media Sosial

progresifjaya.id, JAKARTA –  Cerita jejak rekam duo jambret yang wajahnya viral di media sosial akibat terekam kamera fotografer saat beraksi di acara car free day (CFD) tamat sudah di tangan Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Kedua pelaku yakni HAN alias Uus (23) dan MR alias Jedding (21) berhasil ditangkap pada lokasi dan waktu berbeda.

Dirreskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Wira Satya Triputra dalam pernyataan resminya memaparkan, usai beraksi menjambret di CFD, kedua tersangka coba menyamar menjadi tukang topeng monyet. Harapan mereka agar jejaknya tak terlacak polisi. Tapi karena wajah mereka sudah keburu viral, keduanya langsung berpencar melarikan diri.

“Para tersangka ini tahu kalau viral. Sehingga setelah melakukan kejahatan mereka balik sebentar ke rumahnya di daerah Jakarta Utara lalu langsung berpencar melarikan diri,” kata  Kombes Pol Wira Satya Triputra kepada wartawan, Rabu, (3/7).

“Mereka sadar setelah viral karena diketahui banyak orang. Banyak masukan dari masyarakat, termasuk dari teman-temannya yang bilang, ‘Woi kamu viral.’ Itu ada keterangan dari warga di sekitar rumah pelaku,” tambahnya.

Kombes Pol Wira mengatakan, tersangka Uus  kabur ke rumah pamannya di daerah Kabupaten Bekasi dan berhasil diamankan pada Selasa, (18/6). Sementara Jeding, kabur ke daerah Jampang Kulon, Sukabumi, Jawa Barat dan baru ditangkap pada Senin, (1/7) lalu.

Ikhwal aksi menjambret mereka sendiri, kata Kombes Pol Wira lagi, memang sudah direncanakan. Mereka berdua berkomunikasi lewat Facebook untuk ‘bekerja’.

Perencanaan itu sendiri sedianya terjadi pada Jumat, 14 Juni 2024, sekitar pukul 17.30 WIB. Tersangka Uus mengajak Jedding untuk melakukan penjambretan dengan kode ‘gawe’.

“Pelaku atas nama Uus mengajak pelaku Jedding berkomunikasi melalui aplikasi Facebook untuk mengajak melakukan pencurian dan pemberatan dengan bahasa yang tertulis di kolom  chat, ‘Mau gawe atau tidak’,” ujarnya lagi.

“Kemudian tersangka MR jawab ‘Ya, udah ayo’,” imbuhnya.

Namun karena cuaca saat itu hujan, niatan tersebut diurungkan. Baru pada Minggu, (16/6), sekitar pukul 03.00 WIB, tersangka Uus kembali mengajak Jedding buat melakukan  penjambretan.

“Lewat komunikasi melalui  Facebook dengan bahasa ‘Mau gawe nggak’, kemudian tersangka Jedding menjawab dengan bahasa, ‘Tunggu hujan berhenti aja. Kalau hujan berhenti kita jalan’,” jelas Kombes Pol Wira.

Saat hujan reda sekitar pukul 04.30 WIB, keduanya bertemu dan berangkat menggunakan motor Honda Beat menuju ke Sudirman.

Setelah tiba di lokasi sekitar pukul 05.10 WIB,  keduanya lalu berkeliling mencari saran. Sampai akhirnya keduanya bertemu dengan korban berusia 14 tahun yang sedang berlari. Langsung saja handphone korban dijambret.

Cuma apesnya, aksi mereka ini terbidik kamera fotografer Roni Asnan. Jadilah wajah mereka berdua viral di media sosial.

24 jam setelah kejadian, Uus berhasil ditangkap. Sementara Jedding baru kena Senin, (17/) lalu di Sukabumi, Jawa Barat karena posisinya yang cepat berpindah-pindah.

Uus dan Jedding kini sudah meringkul di sel tahanan Polda Metro Jaya. Mereka dikenakan Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara. (Bembo)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru