Saturday, July 13, 2024
BerandaBerita UtamaGeopark Bayah Dome Perlu Digarap Secara Pentahelix

Geopark Bayah Dome Perlu Digarap Secara Pentahelix

progresifjaya.id, LEBAK – Penetapan Geopark Bayah Dome diperlukan kerja sama dan di garap secara pentahelix atau melibatkan semua unsur pemangku kebijakan dan masyarakat.

Sehingga kolaborasi pembangunan dapat terlaksana dengan meningkatkan dan mengeratkan jejaring. Sehingga tujuan utama Pemkab Lebak yang ingin menetapkan Geopark Bayah Dome tingkat nasional dapat terwujud dengan dukungan semua pihak.

“Kami berharap agar semua pihak dapat mendukung penetapan Geopark Bayah Dome tingkat Nasional. Sehingga pas kegiatan Focus Group Discussion dengan pihak Pusat, maka kita semua sudah seirama,” kata Sekda Lebak, Budi Santoso ketika memberikan pemaparan pada acara rapat koordinasi persiapan pelaksanaan FGD penetapan Geopark Bayah Dome di Aula Kantor Bapelitbangda Lebak, Kamis (27/6/2024).

Budi bersyukur, jika rapat rapat persiapan Focus Group Discusion yang digelar ini dihadiri oleh seluruh pemangku kebijakan dan stakeholder, mulai dari pemerintah daerah, akademisi, pengusaha, wartawan hingga pelaku wisata.

Dengan begitu Budi optimis jika saat pelaksanaan FGD semua sepakat terkait keberadaan Geopark Bayah Dome. Sehingga Pemerintah pisah juga tidak ragu menetapkan Geopark Bayah Dome.

“Tentu ini sangat baik ya, semua elemen hadir mengikuti rapat. Saya kira pusat tidak akan memiliki keraguan jika semua pihak mendung keberadaan Geopark Bayah Dome,” ucap Budi.

Menurut Budi, pelaksanaan Focus Group Discussion Penetapan Geopark Bayah Dome yang akan dilakukan awal bulan Juli nanti merupakan bagian dari rangkaian tahapan penetapan Geopark menjadi Geopark nasional yang bertujuan untuk memastikan tidak ada resistensi dalam pengembangan Geopark di daerah.

“Tujuan FGD nanti yakni menyampaikan hasil verifikasi teknis, verifikasi dokumen dan penilaian lapangan. Kemudian menyamakan persepsi dengan para pemangku kepentingan, dan Meningkatkan peran pemangku kepentingan dalam rencana penetapan Geopark Nasional,” ujar Budi lagi.

Ajis Suhendi, Asisten Daerah (Asda) ll Bidang Ekonomi dan Pembangunan menambahkan, untuk penetapan Geopark Bayah Dome diperlukan waktu yang lumayan lama.

Proses awalnya saja sudah dimulai pada tahun 2019, ada beberapa tahapan agar Geopark Bayah Dome dapat ditetapkan di tingkat nasional, yang terdekat diantaranya harus ada kegiatan Fokus Group Discussion.

“FGD ini merupakan tahapan penetapan Geopark Bayah Dome. Sehingga kami berharap semua pihak dapat satu suara demi kepentingan Kabupaten Lebak ke depan,” kata Ajis Suhendi. (R. R)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru