Wednesday, May 29, 2024
BerandaNusantaraGerak Cepat Babinsa Gedung Wani Bersama Masyarakat Bangun Jembatan Darurat

Gerak Cepat Babinsa Gedung Wani Bersama Masyarakat Bangun Jembatan Darurat

progresifjaya.id, KAB. LAMTIM – Puluhan warga Dusun 3, 4 dan 5 bersama Koramil 429/03 Marga Tiga bergotong royong membuat jembatan darurat penghubung Desa Gedung Wani, Kecamatan Marga Tiga, Kabupaten dengan Desa Kenongo dan Desa Sumber Wangi, Kabupaten Lampung Timur, Sabtu (06/04/2024).

Pembuatan jembatan sementara tersebut hanya menggunakan bahan-bahan seadanya hasil swadaya masyarakat Gedung Wani seperti pohon pohon Kelapa, Paku, Tali dan anyaman bambu.

Babinsa Desa Gedung Wani Sertu Edi Susianto menjelaskan adanya giat gotong royong bersama masyarakat tersebut tergerak dari kepedulian masyarakat sekita.

Hal ini dikarenakan jembatan satu satu nya akses pengguna jalan yang menghubungkan  dua Kecamatan yaitu Kecamatan Marga Tiga dengan Kecamatan Sekampung Udik terputus akibat derasnya curah hujan pada Jum’at sore kemarin.

“Alhamdulillah antusias masyarakat gedung wani khususnya dusun 3, 4 dan 5 ini akhirnya kami bisa membuat jembatan darurat yang bisa dilewati oleh pengendara roda dua dan roda empat,” ujar Sertu Edi.

Mengingat alat pembuatan jembatan seadanya hasil swadaya dari masyarakat tetapi untuk kendaraan roda empat klas truk, puso dan alat berat lainnya tidak diperbolehkan.

“Nah untuk sementara ini kalau kendaraan truk muatan, puso dan kendaraan alat berat lainnya, belum diperbolehkan melintas takut jebol lagi mas,” tutup Sertu Edi kepada progresifjaya.id disela-sela giat gotong-royong.

Usman (40), warga Dusun 3 Desa Gedung Wani berharap Pemerintah Daerah Lampung Timur dapat memberikan solusi terbaik demi terbangun kembali jembatan yang kokoh di desa mereka.

“Semoga pemerintah Lampung Timur dapat mengambil tindakan nyata membantu kami untuk bisa membuat jembatan yang lebih kokoh lagi, Jika perlu pemda meninjau lokasi ke desa kami,” pinta Usman.

Turut hadir dalam giat tersebut Kepada Desa Gedung Wani Bapak Sigit, Babinsa Gedung Wani Sertu Edi dan Perangkat Desa setempat.

Seperti diketahui pada Jum’at kemarin sebagian wilayah Lampung Timur diguyur hujan lebat hingga mengakibat banyaknya meluapnya debit air sungai-sungai.

Akibatnya, struktur tanah tergerus pada gorong-gorong, jembatan dan drainase bahkan adapula angin puting beliung yang menimpa Desa Way Bungur Lampung Timur.

Hal tersebut tentunya harus dibarengkan dengan kesadaran masyarakat untuk membuat selokan depan rumah nya masing-masing, menebang pohon-pohon besar di jalan raya dan rumah warga sehingga apapun masalah di lingkungan dapat diatasi dengan cepat.

Di sisi lain, Komandan Koramil 429/03 Marga Tiga, Lettu Kav Aprizal menjelaskan terkait jembatan penghubung yang jebol tersebut, pada hari selasa lalu telah dilakukan proses pengukuran dan identifikasi lokasi dikarenakan akan dibangun masuk pada program Oplah yaitu program kerjasama Pemerintah dengan TNI.

“Betul mas, insyaallah jembatan yang jebol tepatnya di Desa Gedung Wani itu sudah masuk dalam program Oplah. Mudah-mudahan dengan kerjasama TNI dengan Kementrian Pertanian nantinya jembatan yang dimaksud segera dibangun dengan spek yang kokoh,”Ucap Danramil kepada progresifjaya.id.

Dia menambahkan bahwa program Oplah (Optimalisasi Lahan Rawa) merupakan salah satu program Panglima TNI dengan Kementerian Pertanian.

Dengan tujuan dapat meningkatkan produktifitas pangan, ketahanan pangan nasional khususnya di Lampung Timur dan membangun irigasi serta akses jalan petani desa.

“Oplah ini memang program unggulan pak Panglima dengan Pak Menteri Pertanian untuk menekan ketahanan pangan, meningkatkan produktifitas pangan khususnya pada areal persawahan. Serta membuka akses petani-petani kita meningkatkan penghasilan khususnya pada sektor pertanian,” tutup Lettu Kav Aprizal.

Pembuatan jembatan penghubung dua kecamatan diatas rencananya akan segera direalisasikan melalui program Oplah mengingat mendekatnya masa tanam petani bulan Juni mendatang.

Penulis: Ansori

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru