Monday, April 22, 2024
BerandaTNI/PolriGotong Royong Bersihkan Sampah Banjir Bandang, Kades Sajira Mekar Berharap Dapat Bantuan...

Gotong Royong Bersihkan Sampah Banjir Bandang, Kades Sajira Mekar Berharap Dapat Bantuan Mobil Sampah

progresifjaya.id, LEBAK – Pemerintah Desa (Pemdes) Sajira Mekar bersama Muspika Kecamatan Sajira, Polsek Sajira, Koramil Sajira dan Pemdes Sajira Induk melaksanakan kegiatan bergotong-royong membersihkan Makam Riben dari sisa sampah yang menumpuk bekas banjir bandang.

Kepala Desa (Kades) Sajira Mekar, Jaenudin mengungkapkan, pihaknya bersama-sama dengan Camat Sajira, Kapolsek, Danramil dan anggota Koramil, anggota Polsek serta dari Desa Sajira Mekar dan Sajira Induk melaksanakan kegiatan membersihkan sampah di Makan Riben. Oleh karenanya, ia berharap ke depan mudah-mudahan pihak Pemda atau Dinas Lingkungan Hidup (LH) untuk menaruh bak sampah di makam Riben.

“Kemarin sampah yang kita bersihkan diangkut ke pembuangan sampah di daerah Dengung,” terang Jaenudin kepada awak media, Selasa (7/7/2020).

Kades Jaenudin memohon kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak untuk memberikan bak sampah atau membantu agar ada mobil sampah yang mengangkut sampah seminggu sekali. Dengan begitu sampah bisa diangkut ke TPA Dengung.

“Itu harapan kami dari Desa Sajira Mekar dan Kecamatan Sajira Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Mudah-mudahan kedepannya wilayah pembuangan itu bersih dan tidak ada lagi yang membuang sampah sembarangan hingga sampah berceceran,” ujar Kades Jaenudin.

Jaenudin mengimbau kepada masyarakat jangan membuang sampah sembarangan karena bisa menimbulkan penyakit.

“Sampah menumpuk dari tahun 2017 dan kemarin diangkut ke pembuangan sampah, sampai 15 mobil sampah yang diangkut, itu semua sampah bekas banjir bandang seperti sampah kaca dan bekas puing-puing rumah akibat banjir bandang,” terangnya.

“Alhamdulillah kami telah dibantu oleh Kabid Dinas Pertanian H Nana yang telah menyediakan 2 unit mobil dump truck dengan beko dan satu alat berat dari Lingkungan Hidup (LH) dan kami hanya menyiapkan solarnya saja,” ungkap Kades Jaenudin.

Kades Jaenudin berpesan kepada masyarakat jangan buang sampah sembarangan, nanti akan disediakan bak penampung sampah. “Saya sudah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pariwisata Pak Imam yang akan menindaklanjuti ke Lingkungan Hidup (LH),” ungkapnya.

Sementara Camat Sajira H Rahmat mengatakan, telah membersihkan sampah sisa banjir bandang secara bersama-sama dan berpesan kepada masyarakat Kecamatan Sajira.

“Untuk tidak membuang sampah sembarangan mari kita jaga kebersihan lingkungan kita agar lingkungan kita sehat dan bersih,” tutupnya.

Penulis: Dede

Editor: Asep Sofyan Afandi

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru