Tuesday, April 23, 2024
BerandaBerita UtamaGratiskan Tiket SEA Games 2023, Tuan Rumah Kamboja Torehkan Catatan Sejarah

Gratiskan Tiket SEA Games 2023, Tuan Rumah Kamboja Torehkan Catatan Sejarah

progresifjaya.id, JAKARTA – SEA Games 2023 Kamboja torehkan catatan sejarah, selaku negara tuan rumah SEA Games 2023, Kamboja gratiskan tiket pertandingan untuk semua cabang olahraga, dan mendapat sambutan baik dari seluruh negara peserta termasuk Indonesia.

“Pemerintah Kamboja memang telah memutuskan untuk menggratiskan semua tiket pertandingan,” ungkapkata, Chef de Mission kontingen Indonesia untuk SEA Games 2023 Lexyndo Hakim dalam rilis yang diterima, Senin (1/5/2023).

Menurut Lexyndo Hakim, untuk selanjutnya akan berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Phnom Penh guna membahas jatah kuota buat Warga Negara Indonesia (WNI) di Kamboja, yang ingin mendukung langsung perjuangan para atlet Merah Putih. “Kami pun akan berkoordinasi dengan KBRI Phnom Penh, karena pastinya akan ada WNI yang ingin mendukung menonton langsung perjuangan atlet Merah-Putih selama di sana,”tutunrya.

Sebagaimana diketahui, pemerintah Kamboja  telah memutuskan untuk menggratiskan seluruh tiket pertandingan bagi penonton. Tak hanya itu, Kamboja juga menggratiskan hak siar televisi, walau dengan syarat dan ketentuan berlaku ditetapkan.

Panitia lokal SEA Games 2023 Kamboja (CAMSOC) telah menyepakati aturan tersebut, bahkan baru-baru ini otoritas terkait telah membatalkan penjualan hak siaran langsung ke semua saluran televisi.

Selain itu, penonton atau pengunjung bisa menyaksikan pertandingan cabang olah raga secara gratis, termasuk dalam upacara pembukaan dan penutupan SEA Games 2023.

Untuk delegasi peserta turnamen, tak akan ditarik biaya sama sekali.  Ofisial tim peserta juga bisa menikmati makanan dan akomodasi secara gratis. Hal tersebut telah dirilis oleh CAMSOC baru-baru ini. Melalui akun Instagram @cambodia_2023, telah diumumkan kebijakan tanpa biaya untuk tiket masuk, akomodasi delegasi, hingga hak siaran langsung televisi  Kebjakan tersebut diberikan secara merata kepada penggemar, delegasi, dan mitra iklan.

Langkah ini merupakan tonggak sejarah dalam penyelenggaraan SEA Games, karena Kamboja menjadi negara pertama yang menggratiskan semuanya.  SEA Games 2023 Kamboja berlangsung 5-17 Mei 2023. Upacara pembukaan alias opening ceremony akan digelar pada 5 Mei 2023, sedangkan upacara penutupan 17 Mei 2023.

Namun, ada beberapa cabang olahraga yang akan memulai pertandingan, pada 29 April 2023, salah satunya sepak bola.  Terdapat 36 cabang olahraga (cabor) dan satu tambahan cabor baru yang bakal dilangsungkan di SEA Games 2023 Kamboja. (Tim)

Editor: Asep Sofyan Afandi

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru