Wednesday, June 19, 2024
BerandaMegapolitanGubernur Luncurkan Aplikasi SEHAD Polres Jakut

Gubernur Luncurkan Aplikasi SEHAD Polres Jakut

progresifjaya.id, JAKARTA – Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, meluncurkan aplikasi Jakarta Utara Semangat Hadapi Covid-19 (Sehad) di Mapolres Jakarta Utara, Kamis, (23 Juli 2020)

Aplikasi Jakarta Utara SEHAD  merupakan salah satu inovasi berbasis teknologi informasi dari Polres Metro Jakarta Utara dalam rangka adaptasi kebiasaan baru.

Menurut Anies, Jakarta adalah pusat perekonomian, pusat kemajuan teknologi. “Karena itu, sudah sepantasnya di tempat ini terjadi terobosan-terobosan di dalam pelayanan masyarakat,” kata Anies dalam keterangan resminya.

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu mengapresiasi peluncuran aplikasi itu untuk mencegah meluasnya penularan virus Covid-19. Aplikasi Jakut Sehad dan Pantau Jakarta Utara Sehad itu bisa mengontrol pergerakan orang yang positif.

Aplikasi ini bisa melacak orang yang pergi lebih dari 25 meter saat menjalani isolasi bakal langsung terdeteksi. Aplikasi ini akan berfungsi mengingatkan dan meminta pasien yang menjalani isolasi sebelum pulang.

Aplikasi ini melengkapkan. “Satu sisi mencari orang yang positif, aplikasi ini membuat orang yang positif benar-benar bisa isolasi mandiri di tempat dia seharusnya berada.”

Anies mengapresiasi aplikasi itu sebagai kombinasi yang baik. “Mudah-mudahan nanti kita bisa perluas.”

Aplikasi Jakarta Utara SEHAD akan disinkronisasikan dengan data yang terdapat dalam unit Jakarta Smart City. Ia berharap kolaborasi ini dapat meningkatkan kemampuan mengtes, melacak, dan menjaga pasien positif COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri.

Mudah-mudahan dengan cara seperti ini, nanti Jakarta lulus ujian COVID-19′ dan hasilnya tidak dilihat hari ini atau besok.

“Ujiannya nanti dipantau oleh para penulis beberapa bulan dan beberapa tahun yang akan datang karena peristiwa (pandemi) seperti ini 100 tahun sekali,” tutur, Anies

Untuk diketahui, Aplikasi ini mampu
1. Menyampaikan hasil tes swab yang telah dijalani dan jadwal pelaksanaan swab selanjutnya,
2. Status pasien (positif, menunggu hasil, atau negatif),
3. Menjadi pengingat untuk menjalankan prosedur perawatan dan pola hidup sehat,
4. Memberikan peringatan kepada pasien COVID-19 yang keluar dari zona isolasi dan terhubungan dengan command center Polres Metro Jakarta Utara,
5. Layanan Self Assesment untuk memfasilitasi pengguna aplikasi jika memerlukan konsultasi dan kelladaan darurat.

Penulis/Editor :
Asep Sopyan Af

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru