Kamis, Februari 22, 2024
BerandaHukum & KriminalHadiri Penerimaan Penghargaan Peduli Hak Asasi Manusia, Sekko Jakpus Iqbal Akbarudin: Peduli...

Hadiri Penerimaan Penghargaan Peduli Hak Asasi Manusia, Sekko Jakpus Iqbal Akbarudin: Peduli HAM Dapat Diterapkan Kepada Masyarakat dalam Kehidupan Sehari-hari

progresifjaya.id, JAKARTA – Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin didamping Kepala Bagian Hukum Ani Suryani menghadiri sekaligus menerima penyerahan piagam penghargaan Penilaian Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia (KKP HAM) di Aula A Kantor Wilayah Kemenkumham  DKI Jakarta, Jalan MT Haryono, Cawang  Jakarta Timur, Senin (11/12).

Sekretaris Kota Jakarta Pusat  Iqbal Akbarudin menyampaikan, Pemkot Jakarta Pusat hadir menerima penghargaan Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia yang telah memenuhi unsur-unsur sebagai Kota Peduli HAM.

Disampaikannya, Jakarta Pusat dari tahun lalu dan sekarang selalu mendapatkan penghargaan penilaian KKP HAM secara konsisten.

“Kita juga selalu berkoordinasi dengan bagian hukum terkait peningkatan status Kota Peduli HAM di Jakarta Pusat dan tahun 2023, kita mengalami peningkatan penilaian dari Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta. Satu Lurah Kelurahan Kebon Kosong juga mendapat penghargaan Paralegal Justice Award,” ujarnya.

Iqbal mengungkapkan, Pemerintah Kotak (Pemkot) Jakarta Pusat melalui Bagian Hukum dengan seluruh unsur yang ada untuk bersama bisa memenuhi ketentuan-ketentuan yang telah diterapkan Kemenkumham.

“Peduli Hak Asasi Manusia bisa diterapkan di seluruh unsur masyarakat yang kehidupan sehari-hari bersentuhan dengan HAM,” katanya.

Sedangkan Kepala Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun mengatakan, sangat mengapresiasi atas dukungan dari seluruh Walikota dan Bupati serta sinergitas yang telah terbangun dengan baik selama ini, juga kolaborasi nyata yang telah dihadirkan di Provinsi DKI Jakarta.

“Sepanjang tahun 2023 kerja sama berjalan dengan berbagai prestasi dari wali kota dan bupati dalam meraih piagam penghargaan KKP HAM dalam rangka peringatan Hari HAM Sedunia ke-75,” ujarnya.

Ibnu Chuldun menjelaskan, kita juga bangga karena DKI Jakarta satu-satunya provinsi di Indonesia yang telah meresmikan Kelurahan Sadar Hukum sebanyak 260 kelurahan.

Ini menunjukan bahwa kolaborasi dan sinergitas selama ini sudah sangat baik
Ke depan, lanjutnya, seluruh lurah harus mengikuti Paralegal Justice Award.

“Target kita 50 persen dari 267 lurah bisa ikut kompensasi dan berhasil meraih predikat lurah yang memiliki kompetensi di bidang paralegal,” tandasnya.

Penulis: Fari. K

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru