Friday, July 19, 2024
BerandaBerita UtamaHajatan Jakarta Ke 495 Resmi Dibuka Anies Di Pulau Bidadari

Hajatan Jakarta Ke 495 Resmi Dibuka Anies Di Pulau Bidadari

progresifjaya.id, JAKARTA, – Secara resmi rangkaian pembukaan HUT ke 495 Jakarta bertajuk Hajatan Jakarta dibuka Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, langsung  di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, Selasa (24/5/2022).

Iinformasi yang dhimpun progresifjaya.id, Gubernur didampingi  Istri Ny.Fery Farhati, Wakil Gubernur, Ahmad Riza Patria, Sekertaris Daerah, Marullah Matali dan rombongan Pemprov (Pemerintah Provinsi) DKI Jakarta berangkat dari dermaga Marina Ancol menuju ke Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu sekitar pukul 06.20 WIB yang tiba satu jam kemudian pukul 07.00 WIB disambut langsung Putra-Putri Bahari

Anies dan rombongan tampak mengenakan kaos berwarna putih dengan tulisan “Jakarta Hajatan” dan tema acara, “Kolaborasi, Akselerasi, Elevasi” di bagian dada sebelah kiri.

Selanjutnya Anies langsung menuju panggung utama untuk persiapan dimulainya rangkaian acara pencanangan Jakarta Hajatan yang digelar secara luring dan daring.

Dalam sambutannya, Anies menjelaskan istilah “Jakarta Hajatan” yang digaungkan pada perayaan hari jadi ke-495 Kota Jakarta pada tahun ini. “Hajatan erat kaitannya dengan kemeriahan dan pesta, apalagi kata hajatan ini dekat dengan budaya Betawi, di mana kami ingin mengajak seluruh warga Jakarta untuk merayakan bersama, berpesta bersama atas setiap usaha dan karya yang sudah tercipta di Kota Jakarta,” kata Anies di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, Jakarta, (24/5/2022).

Dalam acara itu, Aniespun menyapa para Wali Kota di wilayahnya masing-masing yang mengikuti kegiatan secara online, dan dilanjutkan  talkshow dengan pelaku Digital Nomad Ashari Yudha Pratama Putra  tyermasuk dengan  pelaku Industri Pariwisata Aqsa Sutan Anwar.

Selain itu, Anies juga melakukan diskusi internasional dengan sejumlah tokoh dunia seperti Senior Policy Director of The Ministry of Tourism Republic of Maldives, Mohamed Khussan yang hadir secara online dan Regional Director of East, Southeast Asia, and Oceania Milag SanJose Ballesteros.

Pada kesempatan tersebut Anies langsung menekan layar LED sebagai tanda resmi pencanangan Jakarta Hajatan sekaligus launching Digital Nomad Island.

Alasan di Pulau Bidadari

Alasan dipilihnya Pulau Bidadari sebagai lokasi opening ceremony ingin menunjukkan bahwa Jakarta bukan hanya daratan saja. Gubernur mengklaim Jakarta merupakan satu-satunya kota besar di dunia yang memiliki daerah kepulauan. “Pertama lokasi hajatan ini di Pulau Seribu kita ingin mengirimkan pesan Jakarta terdiri dari daratan dan lautan. Tidak ada kota besar di dunia yang memiliki daratan dan kepulauan seperti di Jakarata satu satunya di dunia,” katanya di Pulau Bidadari, Selasa (24/5/2022).

Alasan Jakarta Hajatan

Alasan memilih ‘Jakarta Hajatan’ sebagai tajuk ulang tahun Jakarta tahun ini. Menurut Anies, bermakna  besar  dalam merepresentasikan suku asli Jakarta yakni betawi.

“Jakarta Hajatan karena perayaan atas apa yang kita jalani hari ini. Kita mulai hari ulang tahun menjadi Jakarta Hajatan, ini istilah yang sangat Betawi. Hajatan pasti tau ada senangnya ada perayaannya. Hajatan itu pasti ramai-ramai, semua orang datang. Jaman dulu semua saling bantu hajatan bisa berjalan dengan baik,” tutur, Gubernur DKI.

Penulis/Editor: Asep Sofyan Afandi

Foto: Istimewa

 

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru