Sunday, July 14, 2024
BerandaNusantaraHeli Caracal TNI AU Terjunkan Personil SAR Gabungan Evakuasi Pesawat SAM Air...

Heli Caracal TNI AU Terjunkan Personil SAR Gabungan Evakuasi Pesawat SAM Air PK-SMW di Yalimo, Papua Pegunungan

progresifjaya.id, WAMENA – Tim SAR gabungan telah diterjunkan di lokasi jatuhnya pesawat SAM Air di Yalimo, Papua Pegunungan. Satgas Tim SAR gabungan terdiri dari unsur helikopter dan Kopasgat TNI AU, Basarnas, dan unsur SAR daerah Papua sudah bekerja sejak Sabtu (25/6/2023).

Pelaksanaan SAR hari pertama (Sabtu, 25/6) terkendali cuaca, dan dilanjutkan hari kedua (Minggu, 26/6). Pada hari kedua, TNI AU mengerahkan satu helikopter EC 725 Caracal dengan 7 kru, dan 3 personel Kopasgat, serta 3 personel Basarnas.

Pada hari kedua, Helikopter EC 725 Caracal berhasil menurunkan 6 personel SAR di droping zone untuk evakuasi korban ke lokasi jatuhnya pesawat. Pesawat SAM Air PK-SMW yang diawaki oleh Capt Hari Permadi, copilot Levi Murib, serta empat penumpang, dilaporkan jatuh di pegunungan Yalimo, Papua.

Pesawat milik SAM Air, terbang dari bandara Elelim Yalimo Papua Pegunungan dengan tujuan distrik Poik, Yalimo Papua.

Tim SAR di lokasi melakukan penyusuran dari titik droping ke arah barat dengan radius 200 m, tetapi belum menemukan korban karena medan yang cukup ekstrim dan hutan lebat. Tim SAR memutuskan kembali ke titik droping, dan SAR dihentikan sementara.

Hari Senin (27/6/2023), Komandan Lanud Silaspapare Jayapura, Marsma TNI  Dadan Gunawan, S.T., M.M., CHMRP., selaku Dansatgasud, ketika memimpin briefing di Wamena mengatakan, di hari ketiga Senin (26/6), tim SAR kembali melakukan pencarian korban.

Untuk meningkatkan kemampuan SAR, selain melibatkan helikopter Caracal TNI AU, misi SAR juga ditambah satu unit helikopter SAR dari PT. Intan Angkasa Air Service, serta 12 personel gabungan dari Kopasgat, Basarnas dan Yonif 756/WMN, serta perlengkapan tambahan untuk SAR.

Misi Tim SAR tambahan untuk menyiapkan helipad dan dukungan logistik, termasuk tabung oksigen, jas hujan dan air minum serta bahan makanan. Diharapkan pesawat dan personil TNI, bisa mendukung Tim SAR gabungan menyelesaikan misi SAR ini dengan aman dan selamat, meski dihadapkan medan dan cuaca yang kurang baik. (Ndy/Dispenau)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru