Saturday, May 25, 2024
BerandaNasionalHindari Penumpukan Kendaraan Arus Balik, Polri Buka Tol Cibitung - Cimanggis

Hindari Penumpukan Kendaraan Arus Balik, Polri Buka Tol Cibitung – Cimanggis

progresifjaya.id, JAKARTA – Polri menerapkan sejumlah kebijakan untuk mengantisipasi kepadatan dan penumpukan lalu lintas pada arus balik Lebaran 2024. Salah satu kebijakan yang diterapkan adalah dengan membuka  Tol Cibitung-Cimangis sebagai tol fungsional.

Informasi ini disampaikan melalui unggahan akun Instagram resmi NTMC Korlantas Polri. Ruas tol fungsional itu dibuka mulai pukul 06.00-17.00 WIB.

“Mulai hari ini pukul 06.00-17.00 WIB Tol Fungsional Cibitung-Cimanggis akan dipergunakan untuk arus balik (ke arah Jagorawi/Bogor),” tulis akun @korlantaspolri.ntmc, Sabtu, (13/4).

Sebelumnya, Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman juga sudah mengatakan bahwa pemudik bisa memanfaatkan Tol Cimanggis-Cibitung sebagai tol fungsional. Alternatif ini sebagai upaya antisipasi potensi terjadinya kemacetan di simpang susun Tol Cikunir.

“Maka dari itu, masyarakat yang akan pulang ke Bogor, Depok, Cibubur, bisa melewati itu (Tol Cimanggis -Cibitung). Tidak melewati ke Cikunir, karena ada waktu tempuh jarak tempuh yang signifikan,” kata Kombes Pol Latif dalam pernyataan resminya.

“Begitu juga yang akan mengarah ke utara, Jakarta Barat, Tangerang silahkan untuk tidak memaksakan harus masuk Tol Dalam Kota tapi lewat Cibitung langsung dengan Semper yaitu Tanjung Priok akan lebih mudah,” imbuhnya lagi.

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri sebelumnya juga sudah menyampaikan prediksi puncak arus balik akan terjadi pada Minggu, 14 April dan Senin, 15 April 2024. Karena itu, pemudik yang hendak pulang diimbau melakukan perjalanan sebelum atau sesudah pucak arus.

“Mulai hari Minggu dan Senin (prediksi puncak arus mudik terjadi). Makanya kemarin Pak Menhub juga mengimbau untuk balik lebih awal. Mulai hari ini, besok, jangan tungu puncak,” kata Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan, Jumat, (12/4) kemarin.

Jika berhalangan melakukan, lanjut Irjen Pol Aan, pihaknya mengimbau para pegawai negeri ataupun swasta untuk menunda kembali ke Jakarta setelah puncak arus mudik.

“Atau kami juga mengimbau menunda balik, setelah tanggal 17, 18, 19. Tol juga memberi potongan harga di tanggal 17, 18, 19. Manfaatkan itu sehingga tidak semua di puncak arus,” pungkasnya.(Bembo)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru