Tuesday, April 23, 2024
BerandaBerita UtamaHipmi Jaya Motivasi Abnon Jakarta Untuk Jadi Pengusaha

Hipmi Jaya Motivasi Abnon Jakarta Untuk Jadi Pengusaha

progresifjaya.id, JAKARTA – Ketua Umum Hipmi Jaya (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia DKI Jakarta Raya) masa bhakti 2021-2024 Sona Maesana mengajak dan memberikan motivasi kepada Finalis  Abang None Jakarta 2022, untuk menjadi pengusaha.

“Abang None merupakan orang-orang pilihan yang akan mempromosikan kota Jakarta kepada wisatawan nusantara dan mancanegara,” hal ini diungkapkan Sona saat menjadi narasumber pada acara pembekalan Abang None Jakarta 2022, Kamis (24/8/2022).

Menurut, Direktur Utama PT Satria Akasa Investama dan Komisaris PT Delta Alpha Kapital ini, Hipmi Jaya saat ini tengah genjar memotivasi generasi muda melalui Hipmi Perguruan Tinggi. “Kami memotivasi mereka untuk mengubah mindset yang tadinya setelah lulus kuliah menjadi karyawan untuk menjadi entrepreneur,” tambahnya.

Sona menjelaskan, Kementerian Koperasi dan UKM melansir data olahan BPS dan menyimpulkan adanya pertambahan jumlah pengusaha, dari sebelumnya 1,6% menjadi 3,1% dari populasi. Angka itu menggembirakan karena telah menembus batas psikologis 2%. Pasalnya, jumlah wirausaha di suatu negara kerap dianggap sebagai indikator kemajuan.

“Patokannya minimal 2% dari jumlah penduduk harus berprofesi sebagai wirausaha. Dengan jumlah penduduk 275 juta jiwa, negeri ini paling kurang harus memiliki 5 juta jiwa wirausaha. Dibandingkan dengan negara tetangga, harus diakui, kita kalah jumlah pengusaha. Singapura ada di angka 7%, Malaysia 5%, Thailand 4,5%, dan Vietnam 3,3%. Amerika dan Jepang sudah melejit jauh, 10% warganya terjun di dunia bisnis,” tandasnya.

Disisi lain, Sona Maesana menuturkan, ketangguhan perekonomian nasional sebuah negara salah satu indikatornya bisa dilihat dari rasio jumlah pengusaha dengan jumlah penduduknya. Rata-rata negara maju yang memiliki ekonomi stabil, memiliki rasio pengusaha 14%.

“Artinya, 14% penduduk di negara tersebut adalah pengusaha. Namun, posisi Indonesia dalam hal rasio jumlah pengusaha masih rendah,” tegasnya.

Dtambahkanya, ekonomi kreatif (Ekraf) kini mampu menjadi industri penting untuk menopang perekonomian bangsa. Jika ekonomi kreatif ini dikembangkan, kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia juga bisa meningkat dan dapat menciptakan produk lokal berkualitas yang berdaya saing tinggi.

“Selain membuka lapangan pekerjaan, industri ini menciptakan pola pikir pengusaha menjadi kreatif, kompetisi dunia bisnis yang lebih sehat dan meningkatkan inovasi di berbagai sektor,” tutur, Sona Maesana.

“Menyoal langkah ke depan, Hipmi Jaya bersama stakeholder lainnya termasuk pemerintah provinsi DKI Jakarta melalui dinas-dinas terkait dan perguruan tinggi, akan bekerja sama sama untuk terus melahirkan dan memajukan pelaku ekonomi kreatif di kalangan generasi muda seperti Abang None Jakarta 2022 ini,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta kembali menyelenggarakan pemilihan Abang None Jakarta tahun 2022.

Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan kebudayaan Betawi dan sarana pengembangan potensi, bakat, kreativitas serta kecerdasan generasi muda untuk mempromosikan Kota Jakarta.

Penulis/Editor: Asep Sofyan Afandi

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru