Minggu, November 28, 2021
BerandaTrendingJadi Trending Topic, Netizen: Peluang Baru Pertumbuhan Ekonomi, Kerennya Sirkuit Mandalika

Jadi Trending Topic, Netizen: Peluang Baru Pertumbuhan Ekonomi, Kerennya Sirkuit Mandalika

progresifjaya.id, LOMBOK TENGAH – Netizen atau warganet mendukung dan mengapresiasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Sirkuir Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada hari ini, Jumat (12/11/2021). Menurut mereka keberadaan sirkuit untuk penyelenggaraan event balap motor internasional World Superbike (WSBK) dan Motor GP bakal berdampak pada perekonomian Indonesia dan NTB.

Dukungan netizen ini terlihat dari keyword Sirkuit Mandalika yang menjadi trending topic di twitter. Hingga Jumat (12/11/2021) malam, keyword Sirkuit Mandalika telah ditwit oleh puluhan ribu netizen.

Netizen dengan akun Twitter @Leonita_Lestari mengaku bangga dengan Presiden Jokowi yang meresmikan dan menjajali Sirkuit Mandalika. Menurut dia, penyelenggaraan event balap motor internasional WSBK dan motoGP akan berdampak positif terhadap NTB dan Indonesia.

“Presiden Joko Widodo pakai motor ber-plat RI1 tes lintasan Sirkuit Mandalika pada hari ini. Masyarakat sekitar dan NTB, Selamat atas event yang akan membawa dampak positif pascapandemi,” cuit @Leonita_Lestari.

Senada dengan itu, netizen bernama Raisya Kansa menilai sirkuit Mandalika menjadi peluang baru untuk pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Apalagi, selama kurang lebih 2 tahun perekonomian Indonesia terpukul lantaran pandemi Covid-19.

“Ajang bergengsi yang akan diadakan di Mandalika menjadi peluang baru untuk pertumbuhan ekonomi di Indonesia, kerennya, Sirkuit Mandalika,” kata Raisya Kansa.

Sementara netizen atas nama Qweenzha Putri menilai sirkuit Mandalika akan menjadi ikon dari Indonesia untuk penyelenggaraan event internasional. Keberadaan sirkuit ini merupakan salah satu cara mengangkat nama Indonesia di level internasional.

“Semoga Sirkuit Mandalika bisa menjadi ikon dari Indonesia untuk menggelar ajang bergensi lainnya, keren ni Sirkuit Mandalika,” ciut Qweenzha Putri dalam akun Twitternya @Blue_sea06_.

Netizen lain memuji kinerja para menteri kabinet Jokowi yang telah bekerja keras untuk memastikan kesuksesan penyelenggaraan kedua event balap motor internasional di Sirkuit Mandalika tersebut. Salah satu yang diapresiasi netizen adalah Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate.

“Kominfo Johnny G Platte memastikan seluruh areal sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat akan mendapat dukungan penuh jaringan 4G dalam menyongsong pelaksanaan MotoGP,” tulis Ary Prasetio dalam akunnya @AryPrasetio_85.

Sedangkan netizen atas nama Ahmad mengatakan publik tidak perlu khawatir dengan layanan internet di sirkuit Mandalika yang telah dipersiapkan oleh Menkominfo Johnny Plate.

Ahmad pun mengutip pernyataan dari Menkominfo Johnny G Plate yang menyebutkan operator seluler Telkomsel, XL, dan operator lainnya sudah menyuplai berbagai layanan internet 4G saat ajang WSBK di Sirkuit Mandalika dengan menyediakan lebih dari 300 base Transceiver Station (BTS) layanan jaringan 3G dan sebanyak 393 BTS untuk layanan jaringan internet 4G.

“Masyarakat tidak perlu khawatir, operator seluler sudah menyuplai layanan internet 4G saat ajang WSBK di Sirkuit Mandalika,” kata akun @ahmad_bellamy.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meresmikan Sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat(NTB), pada Jumat (12/11/2021). Peresmian itu menandai kesiapan Indonesia untuk menggelar ajang kompetisi balap motor kelas dunia sehingga akan memunculkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di daerah itu.

Kepala Negara berharap Sirkuit Mandalika juga dapat memunculkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di Provinsi NTB. Presiden meyakini perhelatan akbar internasional seperti World Superbike dan MotoGP akan memberi dampak signifikan bagi pertumbuhan ekonomi di daerah itu.

“Saya kira ini sebuah perhelatan besar yang setiap tahun terus akan diadakan di Sirkuit Mandalika dan itu dipastikan akan memberikan dampak pertumbuhan ekonomi di Provinsi NTB,” katanya.

“Ya ini kan dicoba dulu lah World Superbike dicoba, nanti MotoGP dilaksanakan. Kita evaluasi, baru kita akan ke arah mana akan kelihatan nanti,” tutur Jokowi menambahkan.

Sirkuit Mandalika yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, dikelola oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau dikenal dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). ITDC merupakan bagian dari InJourney, yaitu sebuah holding BUMN pariwisata dan pendukung yang resmi beroperasi dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 104 Tahun 2021 tanggal 6 Oktober 2021.

Hadir dalam acara peresmian Sirkuit Mandalika, antara lain Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, dan Direktur Utama ITDC Abdulbar Mansoer.

Editor: Hendy

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru