Tuesday, April 23, 2024
BerandaBerita UtamaKerja Keras dan Kolaborasi Semua Pihak: Di Usia ke - 495, Jakarta...

Kerja Keras dan Kolaborasi Semua Pihak: Di Usia ke – 495, Jakarta Menjadi Salah Satu Kota Global di Dunia

progresifjaya.id, JAKARTA, – Di usia ke – 495 tahun Jakarta masuk sebagai salah satu Kota Global  yang diakui dunia. Keberhasilan menjadi Kota Global tidak terlepas dari kerjakeras dan Kolaborasi semua pihak dalam membangun Ibukota, tutur, Anies Baswedan kepada sejumlah Wartawan disela-sela kesibukannya, usai memimpin langsung  upacara peringatah HUT ke – 495 Jakarta yang berlangsung di Plaza Selatan Monas (Monumen Nasional), Rabu (22/6/2022).

Ditegaskannya, “Hari ini kita merayakan Jakarta Hajatan. Tahun ini kita mengambil tema kolaborasi akselerasi dan elevasi, kita membangun kota ini dengan semangat kerja sama dan meningkatkan posisi Jakarta menjadi salah satu kota global dunia”.

Anies menuturkan, capaian itu adalah kerja keras dari tingkat RT, RW hingga komunitas yang ada di Jakarta. Jakarta sebagai kota global, papar Anies, terlihat dari standar yang ditetapkan berupaya transportasi umum masal yang menjangkau beragam wilayah.

“Saat ini jangkauannya sudah 82 persen wilayah Jakarta. Mudah-mudahan akhir tahun ini sudah bisa mencapai di atas 90 persen,” tuturnya.

Ditambahkannya, selain itu, aspek pembangunan fisik juga bisa dilihat dari pembangunan JPO, Integrasi Cakra Selaras Wahana (CSW) dan sistem pembayaran transportasi terintegrasi Jak Lingko. “Itu adalah contoh-contoh fisik atau JIS, trotoar, itu (semua pembangunan) fisik,” imbuh, Anis.

Disisi lain menurutnya, ada juga sistem yang dibangun melalui superapps JAKI, dimana JAKI memiliki banyak layanan publik mulai dari aduan hingga kebutuhan melakukan vaksinasi bagi warga ber-KTP DKI. Capaian ketiga adalah keterlibatan Pemprov DKI Jakarta dalam forum internasional C40.

“Jakarta sebagai salah satu pimpinann C40, ketua C40 Walikota london, wakilnya Walikota Tokyo dan (Gubernur) DKI, salah satu direkturnya adalah asisten Perekonomian DKI,” terang, Anies Baswedan.

Penulis/Editor: Asep Sofyan Afandi.

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru