Thursday, April 25, 2024
BerandaTNI/PolriJalin Tali Silaturahmi, Koramil 02/Matraman Gelar Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial

Jalin Tali Silaturahmi, Koramil 02/Matraman Gelar Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial

progresifjaya.com, JAKARTA – Komando Rayon Militer (Koramil) 02/Matraman menggelar kegiatan Pembinaan Peta Jarak jaring Teritorial dengan tokoh masyarakat di wilayah binaan teritorial, guna meningkatkan kinerja Babinsa di Aula Kecamatan Matraman, Jalan Galur Sari, Kelurahan Utan Kayu Utara, Matraman, Jakarta Timur, Sabtu (13/6/2020).

Danramil 02/Matraman, Mayor Inf Ahmad Yuono sebagai narasumber didampingi Mujiono, Wakil Camat Kecamatan Matraman, Lurah Kelurahan Pisangan baru, AKP Sumardi, Wakapolsek Matraman pada kegiatan pembinaan peta jarak jaring teritorial yang diikuti tokoh Pemuda, tokoh agama, tokoh masyarakat, FKDM, serta LMK Kelurahan Utan Kayu Utara.

Dalam kegiatan ini mengambil tema” Mengoptimalkan deteksi dini, cegah dini, temu cepat, lapor cepat bagi Apkowil melalui Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial TNI AD, guna mewujudkan stabilitas keamanan serta ketahanan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada kesempatan itu, Mayor Inf Ahmad Yuono menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua undangan dan tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh masyarakat, Wakil Camat Matraman dan Waka Polsek Matraman yang hadir dalam kegiatan Pembinaan Peta jarak jaring teritorial Koramil 02/ Matraman.

Menurut Danramil, kegiatan Pembinaan Peta jarak jaring teritorial ditengah pandemi Covid 19 yang kita laksanakan dengan tetap memerhatikan aturan penegakan disiplin mematuhi protokol kesehatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi, menyamakan persepsi, serta kerjasama yang baik dalam rangka mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka pertahanan negara.

“Danramil 02/matraman mengatakan, penyelenggaraan kegiatan pembinaan ini berguna untuk mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat. Selain itu, teritorial merupakan center of gravity kekuatan pertahanan.

Menurut Danramil, guna mendukung dan mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat, setiap prajurit Satkowil dituntut memiliki kemampuan memecahkan masalah, kemampuan mengayomi, kemampuan berkomunikasi, wawasan pengetahuan yang luas serta senantiasa menjadi panutan dan suri teladan.

“Fungsi teritorial merupakan center of gravity kekuatan pertahanan, sekaligus merupakan fungsi untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat. Kami benar-benar butuh terhadap jaring atau mitra karib,” ujar Danramil 02/Matraman.

Danramil menambahkan, bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk menyatukan pemahaman demi melancarkan lapor cepat yang berguna untuk meminimalisir tindak kejahatan.

“Kegiatan sosialisasi tersebut guna meningkatkan pemahaman tentang pembinaan peta jarak jaring teritorial di satuan komando kewilayahan, sehingga memperlancar kegiatan deteksi dini, cegah dini, dan sistem lapor cepat,” kata Danramil.

Sasarannya, lanjutnya adalah meningkatkan kemampuan dalam pembinaan terhadap mitra karib yang sudah dibentuk, sehingga akan lebih berdaya guna dan lebih terarah.

“Membentuk mitra karib baru akan lebih berdaya guna, lebih terarah, dan optimal dalam penyempurnaan pembuatan peta jarak jaring teritorial,” tandasnya.

Harapan Danramil dengan dilaksanakannya kegiatan ini akan berdampak positif bagi para tokoh masyarakat karena semakin eratnya tali silahturahmi dengan Satkowil terjalin sinergitas dengan TNI/Polri dan Muspika Matraman.

Kewajiban Satkowil yang harus dilaksanakan bersama tiga pilar pada kegiatan PSBB tahap 3 masa transisi ini kita harus tetap waspadai, mengimbau seluruh warga di 6 Kelurahan wilayah Kecamatan Matraman agar tetap mematuhi PDMPK untuk meminimalisir dan mencegah penularan Covid 19 di wilayah Matraman.

“Tetap menggunakan masker apabila keluar rumah dan sering mencuci tangan sebelum ataupun sesudah melaksanakan aktifitas,” ucap Danramil.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Muspika, Polsek, RW, LMK, FKDM, Toga, Tomas, serta Elemen Masyarakat setempat sebanyak 50 orang.

Sumber: Pendim Jaktim

Editor: Ebenezer

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru