Monday, June 24, 2024
BerandaBerita UtamaJangan Lupakan Peran Iwan Bule

Jangan Lupakan Peran Iwan Bule

progresifjaya.id, JAKARTA – Keberhasilan Timnas Indonesia mencetak sejarah untuk pertama kalinya lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 Qatar tidak terlepas dari peran Mantan Ketum PSSI Komjen (Purn) Mochamad Iriawan (Iwan Bule). Keberhasilan Timnas Indonesia lolos ke 16 Besar untuk pertama kalinya di Piala Asia 2023 Qatar ini tidak dicapai secara instan tetapi melalui proses.

“Bagaimana pun Iwan Bule punya peran,” kata pengamat sepak bola Rayana Djakasurya di Jakarta, Jumat (26/1/2024)

Proses itu, kata Rayana, kejelian Iwan Bule yang merupakan Caleg DPR RI Partai Gerindra Dapil Jawa Barat X ini dalam merekrut pelatih asal Korea Selatan Shin Tae-yong untuk menangani Timnas Indonesia.

“Iwan Bule cukup jeli merekrut Shin Tae Yong yang reputasinya cukup bagus. Dan, saya tahu persis tidak mudah mendapatkan Shin Tae-yong yang sukses membawa Kotea Selatan mengalahkan Jerman di Piala Dunia 2018,” katanya.

Tidak hanya itu saja, kata Rayana, Iwan Bule mau menerima dan mendengar kritikan saat memimpin PSSI.

“Saat itu, saya paling keras mengkritik PSSI. Dan, saya salut Iwan Bule yang tadinya tidak menguasai masalah sepakbola mau menerima usulan saya agar menyerahkan sepenuhnya manejemen Timnas Indonesia kepada Shin Tae Yong,” ungkapnya.

Timnas Indonesia meraih tiket ke 16 besar setelah Kirgizstan bermain imbang melawan Oman 1-1 dan Bahrain mengalahkan Yordania dengan skor 0-1 pada Kamis (25/1/2024) malam.

Hasil Kirgizstan 1-1 Oman membuat Timnas Indonesia berhak lolos ke fase gugur sebagai peringkat ketiga terbaik urutan keempat. Hasil itu membuat Oman finis dengan dua poin, terpaut satu angka dari Merah Putih.

Terdapat empat tim peringkat ketiga terbaik yang lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 yaitu Yordania, Palestina, Suriah, dan Indonesia. Meski Timnas Indonesia meraih satu kemenangan dari Vietnam (1-0) dan dua kekalahan dari Irak (1-3) dan Jepang (1-3), Rayana menyebut permainan Timnas Indonesia mengalami kemajuan.

“Permainan Timnas Indonesia mengalami kemajuan. Itu bisa dilihat dengan kemampuan mereka dalam melakukan penyerangan. Tidak gampang menjebol gawang Jepang yang merupakan tim dunia,” jelasnya.

Prestasi sepak bola Indonesia memang telah mengalami perkembangan cukup bagus. Sebelumnya, Timnas U-22 Indonesia merebut gelar juara pada SEA Games 2023 Kamboja. Prestasi ini mengulang kesuksesan 32 tahun lalu saat Timnas Indonesia merengkuh tahta gelar juara pada SEA Games 1991 Manila.

Di bawah kepemimpinan Iwan Bule yang menjadi orang pertama dari Polri memimpin PSSI, Indonesia mampu meraih trofi di timnas U-16. Selain itu, Timnas Indonesia juga lolos ke Piala Asia, baik tim senior dan tim U-19. Selain itu, Timnas Senior dan U-20 Lolos ke Piala Asia.

Kelolosan Timnas Indonesia ke Piala Asia 2023 ini terbilang istimewa karena diraih dengan susah payah. Ini bakal menjadi kali kelima Timnas Indonesia mentas di Piala Asia.

Selain Timnas Indonesia, Timnas U-20 juga berhasil lolos ke Piala Asia U-20 2023. Lagi-lagi Shin Tae Yong punya peran besar meloloskan Garuda Nusantara ke ajang prestisius ini. (Red)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru