Saturday, July 13, 2024
BerandaHukum & KriminalJejak Patko Turjawali Polda Metro Semalam, Semua Termonitor 86

Jejak Patko Turjawali Polda Metro Semalam, Semua Termonitor 86

progresifjaya.id, JAKARTA – Patroli kota atau Patko adalah satu kegiatan yang rutin dilaksanakan tiap hari oleh satuan kerja (Satker) Samapta. Pola kegiatan ini dikenal dengan istilah PWT atau parking, working dan talking.

Sebuah pola dengan penekanan berhenti atau parkir di suatu tempat, lalu berkomunikasi atau berdialog dengan masyarakat yang sedang melaksanakan aktivitas, serta siap siaga untuk melakukan upaya preventif terhadap tindak kejahatan yang bisa terjadi.

Di Polda Metro Jaya, rutinitas kegiatan ini setiap hari digerakkan oleh personel dari Seksi Turjawali Subdit Gasum Ditsamapta. Ada personel khusus Patko yang memang disiapkan buat tugas ini. Termasuk tugas khusus begadang semalaman buat berdialog dengan masyarakat serta menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dan lingkungan.

Pada Kamis, (26/6) dini hari semalam, rutinitas Patko ini dilaksanakan oleh personel dari Unit 3 dan Unit 4 Seksi Turjawali. Ada 2 mobil patroli yang dilepas dari hangar Ditsamapta Polda Metro Jaya untuk nguing-nguing di jalanan mulai pukul 01.00 WIB.

Mobil pertama diawaki Perwira Unit 2 Seksi Pengamanan dan Penyelamatan (Pammat) Iptu Dikdo bersama Bripda Sulthan dan Bripda Andrey. Kemudian mobil kedua diisi oleh Bripda Riky, Bripda Syaiful dan Bripda Naufal. Kedua mobil patroli ini kemudian menyebar selepas dari komando menuju titik patroli terukur yang sudah direncanakan.

Titik-titik tersebut adalah jalan protokol Sudirman – Thamrin, Jalan Layang Kota Kasablanka (Kokas), Jalan Layang Antasari, Jalan Asia Afrika serta area kediaman pimpinan, mulai dari area rumah Kapolri, Wakapolri, dan Kapolda Metro Jaya.

Patko mobil pertama yang diawaki Bripda Riky, Bripda Syaiful, Bripda Naufal bertugas untuk nguing-nguing mengisi floating strong point di kawasan SCBD. Dari tengah malam hingga ba’da Subuh situasi keamanan di wilayah ini dilaporkan aman terkendali.

Sementara mobil Patko kedua yang dihuni Iptu Dikdo, Bripda Sulthan dan Bripda Andrey dapat floating strong point lebih panjang mulai dari Jalan Sudirman – Thamrin, Jalan Layang Kokas, Jalan Layang Antasari, Jalan Layang Asia – Afrika dan kediaman pimpinan

Monitoring patroli mobil ini menuju titik pertama di sekitaran kediaman Metro 1  atau Kapolda Metro Jaya. Terpantau aman damai, patroli kemudian bergerak ke strong poin di flyover Kokas untuk mengantisipasi speeding atau balap liar. It’s apparently nothing in this area, Komandan. Let’s go moving again towards Hotel Fairmont in Jalan Asia Africa. Asyik.

Dari situ tim Patko Iptu Dikdo lantas masuk ke area kediaman Tribrata 1 atau Kapolri. Juga terasa aman damai dan sejuk wilayah ini. Selanjutnya tim ini pun bergerak ke sekitaran flyover Antasari buat mencegah remaja badung bergaya bikin speeding atawa balap liar. Ternyata sepi tak nampak batang hidung remaja badung di lokasi ini. Situasi tetap dilaporkan 86. Mantul.

Mendekati ending tugas patroli, tim ini melakukan monitoring di area sekitaran rumah Wakapolri. Lalu masuk ke area sekitaran area Komplek Widya Chandra sebelum kembali pulang ke hangar Ditsamapta Polda Metro Jaya. Done. (Bembo)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru