progresifjaya.id, JAKARTA – Menyebut nama perusahan jasa logistik PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau yang dikenal sebagai JNE, sebagian masyarakat pastinya mengingatnya sebagai a company that fully supports the lives of UMKMs. Artinya bukan sekadar perusahaan ekspedisi biasa, tentunya.
Kenapa bisa begitu? Ada banyak terobosan inovasi yang nyata-nyata dilakukan perusahaan ini buat kehidupan UMKM, soalnya. Dan itu di luar aktivitas rutinnya mengelola jasa pengantaran paket logistik.
Untuk diketahui, di era digitalisasi sekarang JNE memang terus melebarkan kolaborasi untuk memberikan pelayanan maksimal kepada pelaku UMKM . Perusahaan ini juga tercatat sebagai salah satu mitra logistik dalam lingkup ekosistem platform Shopee.
Kolaborasi dengan Shopee ini sudah terbangun sejak tahun 2016 lalu. Hasil kolaborasi ini terbukti bisa mendatangkan advantage yang krusial buat perusahaan, di mana permintaan volume layanan logistik dari pelaku UMKM Shopee terus meningkat.
Proses kolaborasi layanan JNE dan Shopee ini juga terbukti berhasil membangun kesan terbaik buat pelanggan atau konsumen. Bukti ini bisa dilihat dari upaya peningkatan optimalisasi service level agreement atau SLA yang terus dilakukan buat pelanggan.
Karena seperti diketahui, poin utama SLA atau perjanjian kontrak antara penyedia jasa dengan pelanggan ini mengatur parameter dan standar kualitas layanan yang diberikan.
Director of Business Partnership Shopee Indonesia, Daniel Minardi dalam pernyataan resminya kepada wartawan beberapa waktu lalu menjelaskan, SLA merupakan salah satu acuan dari upaya peningkatan pelayanan pada pelanggan. Shopee, lanjutnya, memang fokus dengan SLA sebagai bentuk pelayanan prima buat pelanggannya
“Dan JNE jadi salah satu mitra kunci kami untuk mendukung upaya tersebut,” kata Daniel.
Sementara itu, SVP Marketing Group Head JNE, Eri Palgunadi dalam kesempatan berbeda mengungkapkan, pihaknya optimis bisa konsisten memberikan kesan terbaik buat pelanggan karena didukung oleh keragaman pilihan jasa logistik yang tersdia di platform Shopee.,
“Kami tentu berharap kerja sama yang terjalin dengan Shopee bisa terus berkembang. Kami juga akan terus berinovasi untuk mendukung perkembangan dan kemajuan bisnis UMKM Indonesia,” dia berujar.
Untuk diketahui juga, kolaborasi apik yang dilakukan JNE dengan layanan unggulan JNE Regular, JNE YES hingga JNE Trucking bersama Shopee ini sudah mendatangkan penghargaan buat JNE sebagai ‘Super Logistic Partner” pada ajang Shopee Super Award 2023 lalu. Tentunya penghargaan ini akan coba dipertahankan lagi oleh JNE di tahun ini.
3 Program JNE Dukung UMKM
Di usia kelahirannya yang tahun ini genap 34 tahun, JNE diketahui juga sudah menelurkan 3 program untuk mendukung penuh perkembangan kehidupan UMKM di Indonesia. Ketiga program dimaksud ini adalah, Sharing Session, Aplikasi My JNE, dan Goll..Aborasi Bisnis Online.
Program Sharing Session adalah program berbagi pengalaman bisnis yang disiarkan lewat Instagram Live dan Zoom Class dengan pemandu acara Ivy Batuta. Agar lebih terasa gregetnya, JNE juga menggandeng Adrie Basuki, pengusaha fashion yang meraih APR Award di ajang Lomba Perancang Mode (LPM) tahun 2021 untuk berbagi pengalaman dari dunia bisnisnya
Program ini benar-benar sangat terasa manfaatnya buat pengusaha newbie UMKM kala Indonesia diterpa pandemi Covid-19. Banyak karyawan yang dirumahkan atau jobless ketika itu, hingga terpaksa mencari peluang usaha untuk bertahan hidup.
Pencerahan buat mereka dalam situasi ini akhirnya didapat saat mengikuti program ini. Sejumlah tema yang diangkat kala itu semisal, mengatasi over thinking dalam berusaha, menyiapkan mental dan mental sehat untuk berbisnis, atau hubungan anxiety dan keuangan dalam berbisnis membuat para pelaku UMKM newbie ini menjadi lebih pede buat memulai usaha rumahannya.
Berikutnya lagi adalah program pendukung UMKM bernama Aplikasi My JNE. Program ini adalah aplikasi digital ciptaan JNE untuk mendongrak animo masyarakat memakai jasa pengiriman JNE.
Selain bikin masyarakat jadi lebih mudah mengakses layanan JNE, aplikasi ini juga punya stimulus pengumpulan poin-poin bagi pemilik JLC atau JNE Loyal Card). Setiap akhir tahun poin terbanyak akan diundi untuk mendapatkan pemenang JLC Lucky Draw.
Yang terakhir yakni Goll..Aborasi Bisnis Online, adalah program terkini yang dilahirkan JNE untuk mendukung UMKM. Program ini sejatinya juga bisa dianggap sebagai akumulasi dari dua program sebelumnya.
JNE dalam program ini intens mengajak pelaku UMKM buat kopi darat atau kopdar memberikan pelatihan dan sharing session ke para pelaku UMKM yang daerahnya dikunjungi.
Berbagai daerah di Indonesia sudah kena dikunjungi tim program ini secara terukur. Jika ada yang belum kena, silakan hubungi customer servis JNE agar dicatat dan diagendakan, ya. (Bembo)