Wednesday, May 29, 2024
BerandaLifeStyleJumat Curhat di Masjid Jami Al Ma'mur, Kapolres Metro Jakpus Beri Pencerahan...

Jumat Curhat di Masjid Jami Al Ma’mur, Kapolres Metro Jakpus Beri Pencerahan Kompleksitas Masalah Kamtibmas

progresifjaya.id, JAKARTA – Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro bersama 3 Pilar  melaksanakan kegiatan Jumat Curhat di Masjid Jami Al Ma’mur Jalan Raden Saleh Raya Nomor 30, RT 003 RW 03, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, (3/5).

Mengawali sambutannya, di depan para warga Kapolres Susatyo terlebih dulu mengucapkan terima kasih kepada warga atas interaksinya yang intens berkomunikasi dengan Bhabinkamtibmas maupun Babinsa. Berkat interaksi yang intens tersebut, kata Kapolres Susatyo, suasana aman dan damai pasca-Pemilu dan Pilpres pun bisa tercipta di kawasan Cikini.

“Setelah selesai Pilpres maupun Pileg mari kita guyub rukun kembali. Tadinya yang beda pilihan sekarang sudah waktunya untuk rukun kembali membangun bangsa dan negara yang kita cintai,” ujar Kapolres Susatyo mengawali sambutannya.

Dikatakannya juga, setiap malam pihaknya melaksanakan patroli bersama 3 Pilar untuk mencegah kejahatan jalanan dan mencegah tawuran antar remaja. Untuk itu, dirinya juga meminta peran orang tua agar lebih memperhatikan anak-anak di lingkungannya agar jangan sampai salah pergaulan.

“Apabila anak-anak kita ada perubahan tingkah lakunya, segera hubungi Bhabinkamtibmas maupun Babinsa untuk konsultasi supaya anak-anak kita tidak terjerumus ke masalah narkoba yang dapat merusak masa depan. Mari kita selamatkan generasi muda kita,” kata Kapolres Susatyo berpesan.

Lebih lanjut Kapolres Susatyo juga mengingatkan perihal penyebaran berita hoaks yang harus diwaspadai. Warga diminta untuk memahami terlebih dulu isi berita dengan selektif. Apabila ditemukan ada konten kekerasan dan konten seksual, segera hapus dan blokir karena bisa merusak mental generasi muda.

“Ingatkan terus anak-anak kita. Bila perlu sekali-kali cek ponsel anak kita supaya tidak terjerumus dengan berita hoaks yang ada di media sosial,” Kapolres Susatyo berujar.

“Kekerasan rumah tangga masih saja terjadi di lingkungan kita. Apabila ada istri maupun anak kita dianiaya oleh suami, silakan konsultasi dan laporkan di Unit PPA Polres Metro Jakarta Pusat agar diproses hukum untuk membuat jera suami. Sayangi buah hati kita. Jangan sampai dipukul. Nanti trauma sampai dewasa membekas akibat perlakuan orangtuanya di masa lalu,” imbuhnya.

Dalam penjelasannya, Kapolres Susatyo juga menyinggung masalah bully anak-anak yang masih kerap ditemukan, baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan rumah. Dampak bullying jelas bisa membuat psikis dan mental anak terganggu.

Oleh sebab itu, lanjut Kapolres Susatyo, apabila melihat anak kita murung akibat dibully oleh temennya di sekolah, segera komunikasikan hal tersebut dengan guru wali kelasnya untuk ditindak lanjuti.

“Kalau perlu konsultasikan ke Unit PPA untuk membuat jera pelaku bully di sekolah. Sehingga anak kita tidak merasa minder maupun ketakutan lagi karena ulah teman-temannya yang bercanda berlebihan,” ujarnya lagi.

Menyimak sambutan dan pemaparan yang disampaikan Kapolres Susatyo, warga sekitar Masjid Jami Al Ma’mur mengaku menjadi lebih paham dengan kompleksitas persoalan Kamtibmas yang dijelaskan. Mereka juga mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran Kapolres Susatyo bersama 3 Pilar yang peduli dan mau memberikan pencerahan yang sangat bermanfaat tentang Kamtibmas.

Warga berharap, kegiatan Jumat Curhat seperti ini bisa dilakukan bergiliran di masjid-masjid lainnya. Mereka ingin imbauan dan pencerahan terkait kompleksitas persoalan Kamtibmas bisa dipahami semua warga agar wilayah Jakarta Pusat bisa semakin aman, nyaman dan damai.

Dalam kegiatan ini, Polres Metro Jakarta Pusat juga menyediakan layanan berobat gratis dan makan siang gratis. Juga dilakukan pemberian edukasi dan layanan  konsultasi masalah narkoba dan kriminal untuk  warga. (Bembo)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru