progresifjaya.id, JAKARTA – Prosesi pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto dan Gibran Raka Bumingraka berjalan dengan khidmat dan lancar di Gedung Nusantara Komplek Parlemen DPR MPR RI, Minggu (20/10/2024).
Selain itu, dalam menyambut pelantikan Presiden dan Wakil Presiden juga diadakan pesta rakyat wujud penyambutan hangat oleh warga masyarakat di beberapa titik lokasi sehingga harus dilakukan rekayasa lalu lintas.
Mengacu hal tersebut PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta sudah melakukan sosialisasi melalui SMS Blast dan juga mengumumkan melalui media kepada para pelanggan yang akan berpergian menggunakan jasa angkutan kereta api khususnya bagi yang akan berangkat melalui Stasiun Besar Gambir.
“Perubahan pola operasi yang dilakukan yaitu dengan cara memberhentikan luar biasa (BLB) di Stasiun Jatinegara, ada sebanyak 27 perjalanan KA yg berangkat dari Stasiun Gambir dan 5 KA kedatangan menuju Stasiun Gambir, alternatif keberangkatan dan kedatangan di Stasiun Jatinegara,” kata Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko, Minggu (20/10/2024).
Lebih lanjut, Ixfan mengatakan, pola operasi BLB tersebut merupakan solusi apabila ada pelanggan yg terjebak kemacetan saat akan menuju Stasiun Gambir bisa langsung naik dari Jatinegara dengan jam yg sama jadwal keberangkatan pada tiket KA yang dimilikinya.
Berdasarkan data pada hari Minggu (20/10), data volume pelanggan untuk keberangkatan dari daop 1 total sebanyak 21.357 orang dengan rincian stasiun gambir sebanyak 6.228 orang, Stasiun Pasar Senen sebanyak 9.019 orang dan sebanyak 6.110 orang berangkat dari stasiun lain wilayah Daop 1 Jakarta.
“Sedangkan untuk kedatangan di wilayah Daop 1 Jakarta total sebanyak 26.719 orang dengan rincian Stasiun Gambir sebanyak 8.860, Stasiun Pasar Senen sebanyak 10.005 orang, dan sebanyak 7.854 orang datang/tiba di Daop 1 Jakarta,” ujar Ixfan.
Sampai pukul 12.00 WIB, pelayanan pelanggan di Stasiun Gambir, Pasar Senen dan Jatinegara tidak ada kendala/lancar dan keberangkatan KA berjalan dengan tepat sesuai dengan jadwal keberangkatan.
Untuk informasi lebih lanjut terkait KAI lainnya, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di stasiun serta Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121.
Sumber: Humas KAI Daop 1 Jakarta
Editor: Hendy