progresifjaya.id, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 1 (Daop 1) Jakarta mencatat jumlah penumpang pada keberangkatan hari Senin (27/1/2025) masih cukup tinggi, sebanyak lebih dari 27 ribu penumpang siap berangkat dari Stasiun Gambir, Pasar Senen dan stasiun lainnya di wilayah Daop 1 Jakarta.
Berdasarkan pantauan hingga pukul 08.00 WIB, jumlah kereta api jarak jauh yang dijalankan sebanyak 69 perjalanan, dengan kapasitas 38.012 tempat duduk. Dari Stasiun gambir 36 perjalanan KAJJ dengan 16.386 tempat duduk, dari Stasiun Pasar Senen 33 perjalanan KAJJ dengan 21.626 tempat duduk tersedia.
Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko mengatakan, keberangkatan dari Stasiun Gambir 10.278 penumpang, sedangkan keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen sebanyak 16.928 penumpang. Angka tersebut masih dapat berubah karena penjualan tiket secara online maupun goshow masih terus berlangsung hingga jelang keberangkatan KA nya.
“Tingkat okupansi telah mencapai 71,6%, dengan total tiket yang terjual sebanyak 27.206 tempat duduk,” kata Ixfan
Lebih lanjut, kata Ixfan, kepada penumpang yang ingin merencanakan perjalanan dengan menggunakan kereta api pada masa libur panjang akhir pekan ini segera untuk melihat ketersediaan tiket agar tidak kehabisan.
“Untuk periode ini 24-29 Januari 2025, sisa tempat duduk yang tersedia sebanyak 49.430 , untuk ketersedian tempat duduk dinamis karena penjualan tiket kereta api masih berlangsung,” ujar Ixfan.
Sementara itu, update terkini akibat meluapnya banjir di wilayah Grobogan Daop 4, sejumlah kereta api alami keterlambatan kedatangan baik di stasiun Gambir maupun di stasiun Pasar Senen dikarenakan perjalanan memutar via Gambringan-Gundih-Brumbung dan Surabaya-Solo-Brumbung serta juga adanya kelambatan pada jadwal keberangkatan kereta api.
Berikut Sejumlah KA yang terdampak kelambatan dalam perjalanan:
1. KA 107 (Jayabaya), relasi Surabaya Pasarturi-Pasarsenen, datang di Stasiun Pasar Senen pukul 03.23 wib lambat 111 menit.
2. Plb 129A (Gumarang), relasi Surabaya Pasar Turi – Pasar Senen, datang di Stasiun Pasar Senen pukul 05.25 wib lambat 185 menit;
3. KA 63 (Sembrani), relasi Surabaya Pasar Turi – Gambir, datang di Stasiun Gambir pukul 07.21 wib lambat 136 menit;
4. KA 3 (Argo Anggrek), relasi Surabaya Pasar Turi – Gambir, datang di Stasiun Gambir pukul 07.26 wib lambat 126 menit;
5. KA 77F (Pandalungan), relasi Jember – Gambir, estimasi datang di Stasiun Gambir pukul 09.00 wib lambat sekitar 252 menit;
6. KA 131 (Dharmawangsa), relasi Surabaya Pasar Turi – Pasar Senen, estimasi datang di Stasiun Pasar Senen pukul 11.20 wib lambat sekitar 159 menit; dan
7. Plb 185B (Blambangan), relasi Ketapang – Pasar Senen, estimasi datang di Stasiun Pasar Senen pukul 11.40 wib lambat sekitar 260 menit.
Untuk KA – KA keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen pada hari ini, Senin 27 Januari 2025 akan diberangkatkan tepat waktu sesuai jadwal keberangkatan KA yang telah ditetapkan.
KAI kembali menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya atas gangguan perjalanan kereta api yang terjadi akibat luapan air di jalur kereta api pada Km 32+5/7 antara Stasiun Karangjati dan Stasiun Gubug di Kabupaten Grobogan lintas Semarang-Surabaya. Demi menjaga keselamatan perjalanan, jalur tersebut ditutup sementara mulai Jumat, 24 Januari 2025 pukul 22.25 WIB.
Ixfan menegaskan bahwa keselamatan adalah prioritas utama. Oleh karena itu, jalur yang terdampak luapan air harus ditutup untuk memastikan penanganan dapat dilakukan secara intensif. KAI telah mengerahkan tim tanggap darurat yang terdiri dari ratusan petugas prasarana, alat berat, dan material pendukung lainnya untuk memulihkan kondisi secepat mungkin.
“Dengan penutupan jalur tersebut, perjalanan KA yang melewati lintas Semarang-Surabaya maupun sebaliknya pasti terganggu. Sehingga KAI melakukan rekayasa pola operasi memutar atau melalui jalur alternatif, dan membatalkan beberapa perjalanan KA yang akan ditetapkan mulai 26 Januari 2025 sampai dengan normalisasi jalur yang terdampak tersebut selesai dikerjakan,” terangnya.
KAI juga menerapkan layanan pengembalian tiket secara penuh atau penjadwalan ulang perjalanan tanpa biaya tambahan. Selain itu, penumpang terdampak atas keterlambatan kereta api juga diberikan service recovery sesuai ketentuan.
“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan. Saat ini, kami bekerja sama dengan berbagai pihak untuk percepatan penanganan di lokasi terdampak,” tambah Ixfan.
Untuk informasi lebih lanjut terkait jadwal kereta api atau pengembalian tiket bagi pelanggan terdampak, masyarakat dapat menghubungi layanan media sosial KAI121, e- mail: [email protected], dan Whatsapp KAI121 (0811-1211-1121).
Sumber: Humas KAI Daop 1 Jakarta
Editor: Hendy