Jumat, Desember 9, 2022
BerandaBerita UtamaKapusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan: Melalui Api Semangat Bela Negara CPNS Kemhan Wajib...

Kapusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan: Melalui Api Semangat Bela Negara CPNS Kemhan Wajib Memiliki Sikap Patriotik dan Pancasilais

progresifjaya.id, JAKARTA – Kapusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan Dra. Endang Purwaningsih, M.Si., memimpin langsung acara Api Semangat Bela Negara dalam rangka Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan III Gelombang II, yang diselenggarakan oleh Pusdiklat Tekfunghan Tahun 2022, pada pukul 19.00-20.00 bertempat di lapangan apel Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan, Jalan Salemba Jakarta.

Dra. Endang Purwaningsih didampingi oleh Kabid Opsdiklat Pusdiklat Tekfunghan Kolonel Tjandra Ariwibowo. Kol Adm Agus Setyo Hartono (WI Madya Tekfunghan) mengatakan, Api Semangat Bela Negara (ASBN) ini dilaksanakan untuk memupuk nilai-nilai Bela Negara, yaitu nilai cinta Tanah Air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta kemampuan awal bela negara agar menjadi landasan sikap mental dan perilaku yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan kerja maupun masyarakat.

“Perlunya internalisasi nilai-nilai bela negara bagi para peserta didik ini merupakan bekal yang sangat berharga dalam memberikan dharma bakti yang terbaik kepada bangsa dan negara sesuai dengan bidang profesi masing-masing,” katanya.

Endang Purwaningsih menjelaskan melalui Api Semangat Bela Negara, nantinya peserta wajib memiliki sikap patriotik dan pancasilais.

Yaitu, pertama, mantapkan dan tingkatkan kemauan serta ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai landasan moral dalam setiap pekerjaan.

Kedua, pegang teguh kehormatan dalam bekerja, utamakan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan lain.

Ketiga, jangan mudah terpengaruh dan terprovokasi dengan segala tipu muslihat yang dapat menghancurkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Keempat, berikan dharmabakti dalam setiap pekerjaan dan jadikan sebagai langkah ibadah serta tidak melanggar ketentuan hukum yang dapat menurunkan citra institusi dan pribadi.

Lima, jaga soliditas dan kekompakan yang sudah terbangun guna mendukung pelaksanaan tugas kedepan sesuai bidang profesi masing – masing.

Kapusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan Endang Purwaningsih,

“Saya mengajak seluruh peserta pelatihan dasar CPNS Kementerian Pertahanan, Golongan III Gelombang ke II, Angkatan ke-23 tahun 2022, untuk senantiasa, mengingat dan meneguhkan tekat kita, sesuai dengan bidang profesi kita masing -masing, dalam rangka bela negara untuk membangun kejayaan bangsa,” tegasnya dalam amanat dihadapan peserta.

“Saya berharap mereka (CPNS) dapat menerapkan nilai-nilai bela negara sebagai landasan sikap dan perilaku dalam melaksanakan tugas sehari-hari,” pungkasnya.

Adapun rangkaian acara ASBN ini diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya diikuti oleh seluruh peserta acara, mengheningkan cipta dipimpin oleh pimpinan acara, dilanjutkan pembacaan teks Pancasila oleh pimpinan acara diikuti oleh seluruh peserta acara, pesan-pesan pimpinan acara, pembacaan Ikrar Bela Negara oleh seluruh peserta acara, prosesi penyalaan Api Semangat Bela Negara, pembacaan puisi, prosesi penciuman dan penghormatan Bendera Merah Putih diawali oleh pimpinan acara, pembacaan doa serta menyanyikan Mars Bela Negara dan Bagimu Negeri. (Ndy)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru