Tuesday, April 23, 2024
BerandaBerita UtamaKasat Pol PP Arifin: Satpol PP Organisasi Besar dan Tertata, Kehadiran Mitra...

Kasat Pol PP Arifin: Satpol PP Organisasi Besar dan Tertata, Kehadiran Mitra Dibutuhkan

progresifjaya.id, JAKARTA – Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) organisasi besar dan tertata, dengan jumlah anggota lebih dari 5400 personil yang  tersebar hingga di tingkat wilayah Kelurahan.  “Satpol PP merupakan salah satu organisai tertata dan besar, anggota Satpol PP itu tersebar mulai di Provinsi, ada di 5 Kota Administrasi plus 1 Kabupaten Kepulauan Seribu, Kecacamatan hingga di Kelurahan,”.

Hal ini diungkapkan  Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP) Provinsi DKI Jakarta, Drs. Arifin, M.AP, saat menghadiri kegiatan Peningkatan Kapasitas Masyarakat Peduli Ketentraman dan Ketertiban Umum (Tramtibum) Kota Administrasi Jakarta Selatan, di salah satu Hotel Berbintang yang berada di sekitar  Jalan Darmawangsa, Kelurahan Pulo, Kecamtan Kebayoran Baru, Selasa (13/9/2022).

Relawan Trantibum Jakarta Selatan. (ist)

Lebih lanjut Arifin menuturkan, meski Satpol PP itu besar dan tertata, dalam menata menjaga tatanan lingkungan Ketertiban Masyarakat membutuhkan peran aktif dari masyarakat sekitar sebagai mitra. “ Ketertiban merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat yang harus ditata bersama. Kalau lingkungan masyarakat berantakan tersa gak enak di hati kami selaku Pengawal dan Penegak Perda. Dengan hadirnya Relawan Tramibum selaku mitra Satpol PP sangat diperlukan untuk bersama-sama menjaga dan menciptakan ketertiban. Yang manfaatnya bisa dirasakan masyarakat itu sendiri,” tuturnya, penuh harap.

Di tempat yang sama, Asisten Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Selatan Mahludin menuturkan, bagi Relawan Tramtibum kendali komando tetap satu di Satpol PP, langkah tindakanya pun tidak juga seperti Satpol PP.

“Bapak dan Ibu merupakan Relawan Tramtibum yang diakui untuk tetap membantu masyarakat. Karena background-nya ada ketua RT, RW, LMK, Karang Taruna. Dari pertemuan tidak berhenti di sini saja,dan  perlu disebarkan ke lingkungan sekitar, betapa pentingnya ketertiban agar masyarakat merasa makin nyaman,” imbunya.

Untuk diketahui 100 Relawan Tramtibum yang mengikuti Peningkatan Kapasitas Masyarakat Peduli Ketentraman dan Ketertiban Umum sebelumnya telah dilantik dan dikukuhkan Plt Wakil Walikota Administrasi Jakarta Selatan, Ali Murthado,  (31/8/2022)

Para Relawan Tramtibum saat dilantik dan dikukuhkan Plt Wakil Walikota Administrasi Jakarta Selatan, Ali Murthado, Rabu (31/8/2022) lalu. (dok)

Menurut Wakil Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta, Sahat Parulian, relawan Tramtibum sudah terbentuk di sejumlah wilayah Kota/Kabupaten di Jakarta.

“Pembentukan relawan dilatarbelakangi arus urbanisasi Kota Jakarta yang penuh kompleksitas dengan beragam suku bangsa, bahasa, status sosial dan lainnya. Sehingga timbul permasalahan sosial yang harus dihadapi. Di samping itu, ada kecendrungan masyarakat yang sangat apatis terkait peraturan.”Karakteristik warga Jakarta yang individualistik kerap menimbulkan kecenderungan tidak perduli dengan lingkungan dan lain sebagainya,” tuturnya. Rabu (31/8).

Penulis/Editor: Asep Sofyan Afandi

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru