Monday, July 22, 2024
BerandaTNI/PolriKata Panglima TNI, Munisi yang Sudah Kadaluarsa Cenderung Sensitif dan Labil

Kata Panglima TNI, Munisi yang Sudah Kadaluarsa Cenderung Sensitif dan Labil

progresifjaya.id, BOGOR – Akibat terbakarnya gudang munisi daerah (Gudmurah) milik Kodam Jaya pada Sabtu (30/3/2024) malam, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto meninjau langsung ke lokasi kebakaran di Ciangsana, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (31/3/2024).

Dihadapan awak media, Panglima TNI mengatakan, lokasi kebakaran adalah tempat penyimpanan munisi yang sudah habis masa pakainya (expired). Namun munisi tersebut meledak sebelum dimusnahkan (disposal).

“Secara proses sistematis dan melalui pemeriksaan sebenarnya munisi tersebut akan dimusnahkan di Pameungpeuk, Jawa Barat, namun sebelum proses itu terjadi, sudah terbakar dan meledak,” ujar Panglima TNI.

Terkait pemicu ledakan, Panglima TNI mengatakan, munisi yang sudah kadaluarsa/expired cenderung sensitif dan labil.

“Munisi jenis ini kena gesekan atau kena panas saja bisa meledak, kita sudah menggudangkan munisi tersebut didalam bunker yang berada dibawah tanah dan disekitaran lokasi. Bunker sudah kita buatkan tanggul demi keamanan,” sambungnya.

Selanjutnya, Panglima TNI mengatakan, aparat teritorial sudah menyusuri wilayah untuk mencari serpihan munisi dan juga mendata kerugian yang mungkin dialami oleh masyarakat terkait peristiwa ini.

“Saat ini aparat teritorial sudah menyisir pemukiman warga untuk mengumpulkan serpihan munisi dan mendata kerugian. Jika ada korban dari masyarakat atau bangunan yang rusak akan kita ganti,” pungkasnya.

Editor: Benz

Sumber: Puspen TNI

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru