Thursday, May 30, 2024
BerandaBerita UtamaKelurahan Pejaten Barat Bersama Sudin SDA Lakukan Pengerukan Kali Serua

Kelurahan Pejaten Barat Bersama Sudin SDA Lakukan Pengerukan Kali Serua

progresifjaya.id, JAKARTA – Tak mau warganya terus diancam banjir akibat luapan kali di saat musim penghujan, Kelurahan Pejaten Barat, Pasar Minggu lakukan aksi pengerukan sepanjang Kali Serua.

Lurah Pejaten Barat Asep Ahmad Umar menuturkan, langkah pengerukan Kali Serua dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi luapan air yang kerap mengakibatkan banjir serta genangan di lingkungan sekitar. “ Direncanakan pengerjaan akan rampung dalam waktu 3 bulan,” tuturnya.

Wakil Camat Pasar Minggu, Abdul Cholik bersama Lurah Pejaten Barat, Asep Ahmad Umar, Plt.Lurah Kalibata, Pancoran, Suherman dan sejumlah lembaga terkait saat membuka di mulainya pengerjaan Pengerukan Kali Serua, Rabu (31/1/2024) (Foto: Asep Sofyan Afandi/progresifjaya.id)

Asep menuturkan, saat musim penghujan luapan banjir Kali Serua sudah puluhan tahun dialami warga RW.08 Pejaten Barat, Kecamatan Pasar Minggu, dan warga RW.05, Kelurahan Kalibata, Pancoran.

“Kawasan ini memang kerap tergenang saat musim hujan tiba. Untuk itu kami bersama Sudin SDA (Suku Dinas Sumber Daya Air) Jakarta Selatan, lakukan pengerukan Kali akibat pedangkalan sekaligus normalisasi,”tutur, Lurah Pejaten Barat, Asep Ahmad Umar didampingi Lurah Kalibata, Suherman kepada wartawan di lokasi pengerukan Kali Jalan Jambu, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (31/1/2024)

Lebih lanjut dituturkannya, pengerjaan penataan dan normalisasi Kali Sarua merupakan program lanjutan ke dua, sebelumnya di November 2023 lalu, pihaknya melakukan penertiban pengembalian fungsi saluran penghubung (Phb) di wilayah RT 2, RT 3, RT 4, RT 5, dan RT 10, yang semuanya berada di kawasan RW 08.

“Alhamdulillah, berkat dukungan Walikota Jakarta Selatan melalui Suku Dinas SDA dan unit yang lainnya sehingga hari ini kami bisa memulai kegiatan normalisasi Kali Sarua mulai dari RT 5, RT 7, RT 10,RT 11 dan RT 13, di RW 08, termasuk wilayah RW.05, Kelurahan Kalibata, Pancoran.

Lurah Pejaten Barat, Pasar Minggu, Asep Ahmad Umar, dan Plt.Lurah Kalibata, Pancoran Suherman bersama sejumlah Aparat terkait saat meninjau luapan air Kali Serua, Rabu (31/1/2024) (Foto: Asep Sofyan Afandi/progresifjaya.id)

Asep mengakui, proses pengerjaan normalisasi mungkin akan sedikit mengalami kendala karena banyaknya jembatan yang ada di Kali Sarua. “Sebelumnya kami melakukan penyusuran dan kami dapatkan sebanyak 21 jembatan. Jembatan tersebut merupakan akses warga untuk keluar dari rumah dengan menyebrangi, setelah dilakukan sosialisasi normalisasi dilakukan,” tuturnya.

Sebelumnya, Wakil Camat Pasar Minggu, Abdul Cholik meminta warga RW.08, Kelurahan Pejaten Barat, dan warga RW.05 Kelurahan Kalkibata untuk bekerjasama menjaga lingkungan dan lebih bersabar karena pengerjaan normalisasi Kali Sarua memerlukan waktu.

“Alhamdulillah pelaksanaan bisa di mulai. Semoga kegiatan normalisasi ini membawa berkah. Mohon kerjasamanya para warga masyarakat karena kita melaksanakan pekerjaan ini demi kepentingan masyarakat banyak. Semoga kedepannya banjir dan genangan air dikawasan ini bisa teratasi,” pungkas Abdul Cholik.

Penulis/Editor: Asep Sofyan Afandi

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru