Monday, July 15, 2024
BerandaTNI/PolriKenang Jasa Alm Letkol Pnb Sumihar Sihotang, Danlanud Usulkan Perubahan Nama Jalan...

Kenang Jasa Alm Letkol Pnb Sumihar Sihotang, Danlanud Usulkan Perubahan Nama Jalan Sihotang

progresifjaya.id, NATUNA – Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Raden Sadjad (RSA), Ranai, Kolonel Pnb Jajang Setiyawan mengusulkan agar nama Jalan Sihotang diubah menjadi Jalan Letkol Pnb Sumihar Sihotang.

Hal ini dilakukan untuk mengenang jasa almarhum Letkol Pnb Sumihar Sihotang yang mempunyai gagasan untuk membangun jalan tersebut.

Kala itu, Letkol Pnb Sumihar Sihotang menjabat sebagai Danlanud Ranai pada tahun 1988-1990.

“Saat ini masih dalam proses. Kita sudah usulkan ke Pemda Kabupaten Natuna dan Pemda sudah bersurat ke Pemerintah Provinsi,” ujar Jajang Setiyawan saat silaturrahmi dengan awak media di ruang VIP Bandara RSA, Selasa (18/4/2023).

Letkol Pnb Jajang Setiyawan menjelaskan, pada awal bulan Agustus tahun 1989, Letkol Pnb Sumihar Sihotang mengunjungi Kantor Camat Kecamatan Bunguran Timur untuk berkoordinasi terkait pembangunan jalan yang berada di Air Lakon, Kelurahan Ranai.

Pada saat itu, pertemuan dihadiri oleh Danlanud Ranai, Camat Bunguran Timur, Erward Murshalli, dan Lurah Ranai, Anwar Saleh.

Kondisi jalan di kampung Air Lakon saat itu merupakan jalan setapak yang tidak bisa dilalui kendaraan roda dua (motor). Lahan di sekitar jalan tersebut sebagian besar rawa dan tertutup banjir di saat hujan.

Hingga akhirnya di penghujung Agustus 1989, pengerjaan jalan dimulai, melibatkan anggota Lanud Ranai, Satuan Radar (Satrad) 212, personil BKO Paskhas, masyarakat, pelajar SMU 1, dan Pramuka.

“Namun pekerjaan selanjutnya dilakukan oleh anggota Lanud Ranai dengan menurunkan anggota lebih kurang 20-30 orang personel secara bergantian setiap hari,” ungkap Kol Pnb Jajang.

Kol Pnb Jajang menjelaskan, pengerjaan jalan pada waktu itu meliputi pelebaran, perataan, penebangan pohon-pohon besar, dan pembabatan semak-semak bahu jalan, semuanya dikerjakan secara manual.

“Jalan tersebut lambat laun oleh masyarakat sekitar dinamai jalan itu Jalan Sihotang hingga sekarang. Karena yang mereka ketahui jalan tersebut dibangun oleh Danlanud Ranai Letkol Pnb Sumihar Sihotang,” pungkas Jajang Setiyawan.

Kegiatan silaturrahmi tersebut dihadiri pejabat utama Lanud RSA dan penceramah sekaligus Imam besar Masjid Agung Natuna, Tirtayasa.

Peulis: Ebenezer Sihotang

Sumber: marwahkepri.com

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru